Aini, Fitrotul (2017) Implementasi model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) sebagai upaya memahami materi fikih kelas iv di MI Sudirman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah sering kali kurang menarik dan cenderung membosankan bagi siswa. Dalam pembelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah siswa diupayakan lebih aktif untuk mengikuti pelajaran agar proses pembelajaran berlangsung dengan kondusif, efektif, kreatif, efisien, dan menyenangkan. Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Mengetahui perencanaan pembelajaran fikih di MI Sudirman Pekalongan.? Mendiskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sebagai upaya memahami materi Fikih kelas IV di MI Sudirman Pekalongan.? Mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sebagai upaya memahami materi fikih kelas IV di MI Sudirman Pekalongan.? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) denganmenggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Fikih di MI Sudirman Pekalongan dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran Fikih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Fikih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dalam pembelajaran Fikih MI Sudirman Pekalongan berjalan dengan baik; mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pendekatan CTL. Model pembelajaran Contextual Teachingdan Learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh oleh peserta didik ke dalam dunia nyata. Siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna,baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat.Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Memahami Materi Fikih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1136 |
Actions (login required)
View Item |