Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Fikih Kewanitaan (Studi Kasus di SMK Islamiyah Sapugarut Buaran Pekalongan)

Anjumi, Halwa (2024) Efektivitas Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran Fikih Kewanitaan (Studi Kasus di SMK Islamiyah Sapugarut Buaran Pekalongan). Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
COVER BAB 1-7 WATERMAX PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TESIS HALWA ANJUMI WATERMAX fix.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN TESIS WATERMAX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran fikih kewanitaan merupakan hal yang penting untuk dipahami bagi pesertra didik. Namun, kenyataannya sebagian ada yang belum memahami secara menyeluruh tentang aspek kewanitaan, bahkan oleh wanita itu sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran Fikih kewanitaan studi kasus di SMK Islamiyah Sapugarut Buaran Pekalongan serta menganalisis efektivitas pendekatan Contextual teaching and learning Pada pembelajaran Fikih kewanitaan studi kasus di SMK Islamiyah Sapugarut Buaran Pekalongan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penlitian ini meliputi kepala sekolah, waka keagamaan, guru fiqih kewanitaan, dan peserta didik kelas X SMK Islamiyah Sapugarut Kabupaten Pekalongan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dari Miles Huberman dan Saldana yang melalui tiga tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data tersebut diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Pembelajaran fikih kewanitaan studi kasus di SMK Islamiyah Sapugarut Buaran Pekalongan meliputi beberapa langkah yaitu perumusan pembelajaran, penyusunan materi pembelajaran, media pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Kemudian dalam pelaksanaan melalui tiga tahapan kegiatan yaitu kegiatan awal (pendahuluan), kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun faktor pendukung dalam proses pembelajaran fikih kewanitaan yaitu pendidik yang kompeten dan ketertarikan siswa. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu dan masih kurangnya ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran fikih kewanitaan. Efektivitas pendekatan contekstual teaching and learning terhadap pembelajaran fikih kewanitaan dapat dilihat dari tingkat minatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran fikih kewanitaan. Proses pembelajaran melalui pendekatan contextual teaching and learning setidaknya guru menggunakan beberapa komponen dari CTL itu sendiri seperti konstruktivisme (Constructivism), menemukan (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian yang sebenarnya (authentic assessment).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusminingsih, Susminingsih197502111998032001UNSPECIFIED
Thesis advisorFadli, Failasuf198609182015031005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendekatan CTL, Fiqih Kewanitaan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.96 Fikih Wanita
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.99 Masalah Fikih Lainnya
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Nov 2024 08:06
Last Modified: 13 Dec 2024 08:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11405

Actions (login required)

View Item View Item