Ulwiyah, Siti (2017) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembiasaan kegiatan keagamaan di madrasah ibtidaiyah gondang kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan karakter banyak dicanangkan dalam dunia pendidikan di Indonesia, tujuannya adalah sebagai proses pembentukan akhlak peserta didik. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah salah satunya yaitu dengan adanya pembiasaan. Oleh karena itu MI Gondang menerapkan upaya pembiasaan kegiatan keagamaan sebagai salah satu wujud pelaksanaan pendidikan karakter. Harapannya dapat menjadi wadah bagi pembentukan karakter peserta didik yang sesuai dengan ajaran agama serta nilai-nilai karakter yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan kegamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang?, (2) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang?, dan (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan kegamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang?. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang, dan (3) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di Madrasah Ibtidaiyah Gondang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembiasaan kegiatan keagamaan di MI Gondang dilakukan dalam kegiatan rutin, kegiatan spontan, kegiatan terprogram, dan keteladanan. Nilai-nilai karater yang ada dalam pembiasaan tersebut adalah nilai religius, peduli sosial, cinta kebersihan, komunikatif, toleransi, tanggung jawab, dan disiplin. Faktor pendukung dari pembiasaan ini adalah manajemen pengelolaan yang bagus, motivasi, dan komitmen dari berbagai pihak. Adapun faktor penghambatnya yaitu sarana prasarana, dan pantauan dari orang tua yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | : nilai, karakter, pembiasaan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 13 Jan 2021 09:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1141 |
Actions (login required)
View Item |