Sah, Ardiyan (2024) Analisis penerapan retorika persuasif Aristoteles dalam konten edukatif pada akun youtube Guru Gembul. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
This is the latest version of this item.
Text
Bab I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
Abstract
Retorika adalah seni berbicara yang bertujuan untuk memengaruhi dan memberikan informasi rasional kepada audiens. Guru Gembul, seorang influencer yang dikenal luas di media sosial, memanfaatkan teknik retorika persuasif untuk menyampaikan edukasi dengan tema-tema yang populer. Dengan 1,28 juta subscriber di channel YouTube-nya, Guru Gembul berhasil menarik perhatian dan kepercayaan penontonnya di tengah persaingan ketat para influencer lainnya. Penelitian ini bermaksud mengkaji lebih dalam mengenai strategi persuasif Guru Gembul di kanal YouTube-nya pada periode September hingga November 2023, dengan fokus pada penerapan ethos (kredibilitas atau etika), pathos (daya tarik emosional), dan logos (imbauan rasional). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan teori retorika persuasif Aristoteles, yang dikenal sebagai segitiga retorika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Gembul secara konsisten menerapkan ketiga elemen retorika tersebut. Kredibilitasnya yang tinggi, kemampuannya dalam menarik emosi penonton, serta pendekatan rasionalnya dalam menyampaikan pesan edukasi, membuatnya menjadi figur inspiratif. Keberhasilan Guru Gembul juga terlihat dari caranya menghilangkan jarak dengan penonton, selalu tampil sederhana, dan aktif berinteraksi dengan penonton. Penerapan retorika persuasif oleh Guru Gembul, yang mencakup elemen ethos, pathos, dan logos, memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap konten di akun YouTube-nya. Dengan retorikanya ia berhasil mencapai efektivitas komunikasi, yang dapat dilihat dari tingginya penerimaan pesan, rasa senang yang dirasakan penonton, perubahan sikap, hubungan yang baik serta tindakan positif setelah mereka menonton video-videonya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Retorika Persuasif Aristoteles, Efektivitas komunikasi, Guru Gembul. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:44 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11422 |
Available Versions of this Item
-
Analisis penerapan retorika persuasif Aristoteles dalam konten edukatif pada akun youtube Guru Gembul. (deposited UNSPECIFIED)
- Analisis penerapan retorika persuasif Aristoteles dalam konten edukatif pada akun youtube Guru Gembul. (deposited 11 Nov 2024 07:44) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |