Laeliyah, Nur Afi (2024) Strategi Bimbingan Islami Dalam Menumbuhkan Interaksi Sosial Santri di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520111_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (736kB) |
|
Text
3520111_Full Text.pdf Download (1MB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Download (392kB) |
Abstract
ABSTRAK Laeliyah, Nur Afi. 2024. Judul skripsi “Strategi Bimbingan Islami Dalam Menumbuhkan Interaksi Sosial Santri di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes”. Fakultas / Program Studi: Ushuluddin Adab dan Dakwah / S1 BPI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing:Afith Akhwanuddin Kata Kunci : Strategi Bimbingan Islami, Interaksi Sosial, Santri. Permasalahan interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes masih mengalami kesulitan dan penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana cara manumbuhkan interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes. Permasalahan yang terjadi terkait interaksi sosial santri baru yang merasa canggung dengan lingkungan sekitar, cenderung menutup diri, enggan berkomunikasi, tidak mudah bergaul, belum bisa berbaur dengan lingkungan pesantren baik dengan teman, asatidz dan santri lainnya dan adanya kesalahpahaman antara kakak kelas atau teman sebaya yang mengakibatkan konflik. Rumusan masalah pada penelitaian ini, yakni bagaimana interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes, bagaimana strategi bimbingan Islami dalam menumbuhkan interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes. Tujuan penelitian ini yaitu sebagai upaya untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes sekaligus untuk mengetahui bagaimana strategi bimbingan islami dalam manumbuhkan interaksi sosial santri baru. Sedangkan kegunaannya yakni untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan strategi bimbingan Islami sehingga dapat dijadikan bahan referensi dan evalusi dalam bidang keilmuan bimbingan Islami terutama yang berkaitan dalam menumbuhkan interaksi sosial santri baru. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Selain itu, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Adapun untuk analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yakni strategi bimbingan islami berupa metode pendekatan emosional melalui ceramah dan nasihat serta diskusi tanya jawab dan metode pendekatan rasional berupa pembiasaan dan keteladanan dengan metode bimbingan kelompok atau individu. Adapun kondisi interaksi sosial santri baru di Pondok Pesantren As-Salafiyah Luwungragi Brebes sebelum mengikuti program bimbingan islami yaitu adanya sikap yang menyebabkan pada persaingan atau kompetisi, pertentangan atau kontraversi, dan konflik yang termasuk dalam interaksi sosial disosiatif. Namun interaksi tersebut belum berjalan sebagaimana mestinya karena terkendala pada santri baru yang mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi baik itu komunikasi ataupun menutup diri. Setelah mengikuti program bimbingan islami, muncul perubahan berupa interaksi sosialnya yang menjadi lebih baik dan berjalan sebagaimana mestinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bimbingan Islami, Interaksi Sosial, Santri. | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:01 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11432 |
Actions (login required)
View Item |