Hayati, Tatim (2017) Penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas iv MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
BAB I, V & LAMP.pdf Download (3MB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penerapan pembelajaran di MI Walisongo Kranji 01 guru mengajar dengan menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kecenderungan kecerdasan siswa, dengan tujuan pembelajaran dapat diterima dengan mudah oleh siswa dan dapat menjadi memori jangka panjang.Penerapan pembelajaran tersebut dinamakan dengan penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:Bagaimana penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, Pekalongan? danFaktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IVMI Walisongo Kranji 01 Kedungwuni, Pekalongan dan menjelaskan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV MI Walisongo kranji 01 Kedungwuni, Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru, khusunya guru yang mengajar dengan pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdan termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Observasi pembelajarandan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data danverifikasi data. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, penerapan pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV menggunakan strategi yang disesuaikan dengan kecerdasan siswa,Sedangkan model penilaian dalam pembelajarannya menggunakan model penilaianautentik yang meliputiaspekkognitif, afektif dan psiko motorik. Kedua, faktor pendukung pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV yaitu pelatihan guru, guru terusbelajar, dan letak sekolah yang dekat dengan alam.Adapun faktor penghambat pembelajaran berbasis kecerdasan majemuk pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IV yaitu mahalnya tes kecerdasan yang valid, kurangnya kreativitas guru, strategi yang disesuaikan dengan materi pelajaran dan kecerdasan siswa, dan dalam pelaksanaan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemukdan Mata Pelajaran Aqidah Akhlak | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Depositing User: | Markholis Markholis | ||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2020 03:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1148 |
Actions (login required)
View Item |