Dakwah Digital Fiqih Ibadah Sholat (Studi Netnografi Akun Instagram @Anita.Intan)

Shofa, Azka Kamila (2024) Dakwah Digital Fiqih Ibadah Sholat (Studi Netnografi Akun Instagram @Anita.Intan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420018_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420018_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3420018_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dakwah dapat dimaknai sebagai upaya menghimbau orang lain atau masyarakat untuk mengikuti ajaran Islam. Menurut buku Ushul Fiqh, dakwah memiiki peraturan-peraturan terikat mengenai tatacara dalam melakukan proses berdakwah. Peran dakwah dalam era digital mengalami transformasi signifikan dengan adanya penetrasi media sosial. Model dakwah masa kini dapat diakses di berbagai tempat serta di berbagai waktu Munculnya berbagai macam media sosial seperti Instagram, memberikan kesempatan yang luas bagi para pendakwah untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Sering kita jumpai, biasanya dakwah yang membahas mengenai ilmu fiqih ini masih menggunakan metode tradisional seperti di masjid-masjid yang biasanya hanya dihadiri oleh para orangtua saja. Beda halnya dengan akun @anita.intan yang membawakan ilmu fiqih dengan cara modern atau digital. Semua kalangan dapat dengan mudah menjangkau akun @anita.intan untuk dapat belajar ilmu fiqih. Penelitian kualitatif digunakan sebagai dasar dari penelitian dengan sumber informasi akun instagram @anita.intan. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis konten dan data yang ada pada ruang digital. Dimana data yang diperoleh akan dianalisis dan dikaitkan dengan teori SOR (stimulus, organisme, response). Hasil dari penelitian ini menunjukkan pesan dakwah fiqih ibadah dalam akun instagram @anita.intan melalui penyampaian yang sederhana namun mendalam, akun ini berhasil menyajikan beragam pandangan terkait hukum Islam, khususnya dalam konteks 4 mazhab yaitu Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hambali. Dengan mengacu pada dalil-dalil yang kuat dan menyajikan berbagai sudut pandang, akun ini tidak hanya memberikan panduan praktis dalam beribadah, tetapi juga menumbuhkan sikap toleransi dan kedewasaan dalam beragama. Keberadaan akun seperti ini sangat bermanfaat bagi generasi muda, terutama dalam membentuk pola pikir yang terbuka dan tidak terpaku pada satu pandangan saja.Berdasarkan pada transkrip data yang telah dianalisis ditemukan bahwa respon audiens dalam akun ini menunjukkan bahwa platform media sosial telah berhasil memposisikan diri sebagai wadah untuk mencari pengetahuan agama, berinteraksi, dan berbagi pengalaman. Audiens secara aktif mengajukan pertanyaan, berbagi pendapat, dan mencari klarifikasi mengenai berbagai aspek fiqih ibadah sehingga terciptanya budaya interaksi yang positif dengan melakukan diskusi dalam ruang digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dakwah Digital, Fiqih Ibadah Sholat, Studi Netnografi, Instagram
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:24
Last Modified: 11 Nov 2024 06:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11480

Actions (login required)

View Item View Item