Strategi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang

Rahmah, Dina Lailatul (2024) Strategi Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3520040_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3520040_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3520040_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pelanggaraan tata tertib merupakan sikap tidak memperhatikan terhadap tata tertib sekolah yang diterapkan di sekolah yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Hal ini menimbulkan bentuk pelanggaran tata tertib seperti terlambat berangkat datang ke sekolah dan tidak masuk sekolah tanpa keterangan.. Solusi untuk mengatasi pelanggaran tata tertib di MAN Pemalang yaitu melalui strategi bimbingan konseling berbasis Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelanggaran tata tertib siswa di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang? Dan bagaimana pelaksanaan Bimbingan Konseling untuk mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di Madrasah Aliyah Negeri Pemalang. Tujuan penelitian untuk mengetahui pelanggaran tata tertib siswa dan untuk mengetahui strategi bimbingan konseling berbasis Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di MAN Pemalang. Kegunaan dari penelitian ini menjadi bahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang Bimbingan Penyuluhan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan bimbingan konseling Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di MAN Pemalang. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam dengan siswa, dan guru BK, serta observasi langsung di lapangan. Selain itu, dokumen-dokumen sekolah seperti laporan kegiatan dan peraturan sekolah juga dianalisis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana, meliputi reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelanggaran yang sering terjadi adalah ketidakhadiran dan keterlambatan, yang disebabkan oleh faktor internal seperti malas dan kurangnya tanggung jawab, serta faktor eksternal seperti kurangnya perhatian keluarga. strategi bimbingan konseling berbasis Islam dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa yang dilaksanakan adalah bimbingan klasikal berbasis Islam dengan menggunakan metode ceramah, metode keteladanan, metode ibadah, dan konseling individu berbasis Islam dengan menggunakan metode mauidzotul khasanah efektif dalam mengatasi pelanggaran tata tertib siswa di MAN Pemalang. Strategi bimbingan yang diterapkan berhasil meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya disiplin dan mematuhi aturan sekolah. Pendekatan Islam yang diintegrasikan dalam proses bimbingan, seperti membaca Asmaul Husna dan berdoa, juga memberikan dampak positif dalam memahami dan mengamalkan iman, islam dan ihsan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFasya, Adib ‘AunillahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bimbingan Konseling, Pelanggaran Tata Tertib
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 12 Nov 2024 03:31
Last Modified: 12 Nov 2024 03:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11489

Actions (login required)

View Item View Item