Formalisasi Pendidikan Tahfidz Di Madrasah Aliyah Kh. Syafi’i Buaran Pekalongan

Rusdian, Rusdiana (2024) Formalisasi Pendidikan Tahfidz Di Madrasah Aliyah Kh. Syafi’i Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3119104_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3119104_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3119104_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

enelitian ini berjudul “Formalisasi Pendidikan Tahfidz di Madrasah Aliyah Kh. Syafi’I Buaran Pekalongan)” pendidikan tahfidz, peneliti fokus pada pembelajaran muraja’ah hafalan al Qur’an yakni suatu kegiatan mengulang-ulang kembali bacaan yang telah di hafalkan agar tidak hilang atau lupa. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana proses pelaksanaan muraja’ah hafalan Al Qur’an di MA Kh. Syafi’i Buaran Pekalongan (2) untuk mengetahui fungsi muraja’ah hafalan Al Qur’an di MA Kh. Syafi’i Buaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research, yang bertujuan menggali bagaimana pelaksanaan muraja’ah dalam pengembangan metode pembelajaran Al Qur’an untuk siswa sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian di analisis secara rinci. menunjukan bahwa metode pembelajaran Al Qur’an, dikembangkan sebagai respons terhadap pemahaman surah-surah Al Qur’an. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan Muraja’ah di MA Kh. Syafi’I Buaran, siswa menggunakan 4 metode muraja’ah yaitu Bin Nadzar, Tahfidz, Takrir dan Talaqqi. Adapun hasil penelitan resepsi fungsional muraja’ah Al Qur’an terhadap siswa dan guru, pertama siswa memahami bahwa ketika sudah terjun sebagai penghafal maka perlunya kesadaran untuk muraja’ah, bisa mengatur waktu. Bagi guru, dalam menghafal dan bermuraja’ah Al Qur’an maka mengulang hafalan adalah suatu kewajiban. Selain untuk memperkuat dalam pemahaman Al Qur’an juga karena adanya niat untuk menghafal maka harus menjaga hafalannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, QomariyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Resepsi fungsional Al Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X2.1 Ilmu Hadits
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Nov 2024 09:07
Last Modified: 11 Nov 2024 09:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11496

Actions (login required)

View Item View Item