Fadhila, Amalia (2024) Penggunaan Video Animasi Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang Tahun Pelajaran 2024/2025”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2420046_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (437kB) |
|
Text
2420046_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN(1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan sosial emosional anak adalah salah satu kemampuan yang harus distimulasi sejak dini untuk mempersiapkan kemandirian anak dalam bersosial dengan lingkungan sekitarnya. Anak kurang berinteraksi dengan temannya adalah salahsatu permasalahan sosial emosional. Adanya media pembelajaran dalam pengembangan sosial emosional akan membantu menstimulasi kemampuan sosial emosional anak dengan baik. Salah satu kelebihan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kemampuan sosial emosional anak adalah dengan menggunakan video animasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan video animasi dalam pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan video animasi di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan video animasi dalam pengembangan sosial emosional anak usia dini di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Wali Kelas B dan didukung dengan informan kepala sekolah RA Sunan Kalijaga Kauman Batang dan orang tua murid. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2024 sampai dengan bulan september 2024. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan penyajian data, kondensasi data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RA Sunan Kalijaga Kauman Batang telah menggunakan media video animasi dalam pengembangan sosial emosional anak. Penggunaan video animasi dapat mestimulasi pengembangan sosial emosional, serta meningkatkan partisipasi dan minat belajar mereka. Implikasi penelitian ini menyoroti pentingnya kreativitas dalam proses pendidikan anak usia dini dan memberikan dasar bagi pengembangan metode pendidikan yang lebih inovatif di masa depan. Namun terdapat beberapa faktor baik dari faktor pendukung maupun faktor penghambat. Ada 6 faktor pendukung utama yang membuat pelaksanaan metode pembelajaran dengan media video animasi berhasil dengan baik menegembangkan sosial emosional anak usia dini kelompok B di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang, yaitu (1) Ketersediaan alat dan bahan (2) Dukungan dari manajemen sekolah (3) Dukungan orang tua (4) Peran guru (5) Lingkungan belajar (6) Fleksibilitas media. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat pelaksanaan metode pembelajaran dengan media video animasi, yaitu (1) Kurangnya sumber daya atau Fasilitas (2) Kurangnya ketrampilan guru (3)Keterbatasan waktu (4)Kondisi anak (5) Faktor lingkungan (6)Keterbatasan interaksi fisik. Upaya mengatasi faktor penghambat dalam metode pembelajaran dengan media video animasi dalam mengembangkan sosial emosioanal anak usia dini kelompok B di RA Sunan Kalijaga Kauman Batang terdiri atas beberapa upaya, antara lain yaitu mencari dana tambahan, mengadakan pelatihan dan workshop untuk guru, pengelolaan waktu yang fleksibel, penyesuaian metode pengajaran dengan kebutuhan anak, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mengajak kerjasama dengan komunitas dan orang tua. Mengelola sumber daya, pengembangan profesional, manajemen waktu, pendekatan individual, lingkungan belajar yang kondusif, dan dukungan lingkungan dalam pembelajaran anak-anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Sosial Emosional, Anak Usia Dini | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 11 Nov 2024 06:48 | ||||||||
Last Modified: | 11 Nov 2024 06:49 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11537 |
Actions (login required)
View Item |