Upaya Guru Kelas Dalam Menangani Kenakalan Siswa Kelas 4 Di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan

Alam, Qomari Nuril (2024) Upaya Guru Kelas Dalam Menangani Kenakalan Siswa Kelas 4 Di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320157_Cover-Bab 1 & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320157_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2320157_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada pentingnya peran guru dalam menangani kenakalan siswa di kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang, Kabupaten Pekalongan. Kenakalan ini mencakup perilaku yang melanggar norma sosial dan moral, seperti tidak menghargai guru, mengganggu teman, serta bullying. Maka dari itu diperlukan seorang guru yang dapat mengatasi masalah yang terjadi. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan deskripsi upaya guru dalam menangani kenakalan siswa kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan. (2) Untuk memberikan deskripsi mengenai faktor pendukung dan penghambat guru dalam menangani kenakalan siswa kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini upaya yang dilakukan guru dalam menangani kenakalan siswa kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan melalui beberapa upaya diantaranya (1) Strategi mengajar. (2) Memberikan motivasi. (3) Guru yang disiplin. (4) Aturan kelas yang jelas. (5) Memberikan hukuman. (6) Memberikan nasihat. (7) Memanggil orang tua. (8) Mengundang narasumber anti bulliying. (9) Kerjasama antara kepala sekolah dan orang tua. (10) Konsul guru dengan siswa. Selain itu terdapat juga faktor pendukung dan penghambat guru dalam menangani kenakalan siswa kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan yaitu, faktor pendukung diantaranya (1) Adanya ruang konseling yang memadai. (2) Ruang kelas yang tertata rapi dan nyaman. (3) Poster yang mengandung pesan moral dan anti-kenakalan. (4) Kerja sama antara guru dan orang tua. Faktor penghambat upaya guru dalam menangani kenakalan siswa kelas 4 di MIS Manba’ul Huda Gumawang Kabupaten Pekalongan diantaranya (1) Anak- anak yang kurang mendapat perhatian dari orang tua. (2) Karakter siswa yang beragam. (3) Pengaruh lingkungan. (4) Suasana keluarga yang tidak harmonis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, Mohammad198606222018011002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kenakalan Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.332 Madrasah Aliyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Nov 2024 06:48
Last Modified: 31 Dec 2024 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11544

Actions (login required)

View Item View Item