Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode drill siswa ram nu masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan

Hayani, Sumiar (2017) Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode drill siswa ram nu masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan agama terutama membaca huruf hijaiyah yang merupakan dasar-dasar untuk membaca Al-Qur’an menjadi salah satu yang penting yang harus dikenalkan kepada anak. Huruf hijaiyah merupakan dasar bacaan Al Qur’an yang harus dilafal dan harus mampu diucapkan secara baik dan benar, karena Al-Qur’an yang kita baca setiap hari adalah kumpulan dari huruf hijaiyah, maka belajar membaca Al- Qur’an dimulai dari keharusanm agar kita terhindar dari kesalahan membaca. Metode drill adalah suatu teknik yang dapat diartikan sebagai suatau cara mengajarkan dengan melaksanakan kegiatan latihan secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dengan bertujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau penyempurnaan suatu ketrampilan supaya menjadi permanen. Dengan metode drill menurut pendapat penulis, adalah cara yang tepat karena anak usia dini dengan pembiasaan dan pembelajaran yang berulang-ulang akan menguatkan memori anak. Apakah metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RAM NU Masyithoh 13 Krapyak Lor, Kota pekalongan? Penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian yang dimaksud sebagai upaya menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kelas dengan memperbaiaki proses pembelajaran, sehingga akan mencapai pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pengertian lain penelitian tindakan kelas dalam bahasa asing yaitu classroom action research (CAR) adalah action research yang dilakukan guru didalam kelas. Pada hakekatnya merupakan rangkaian riset tindakan yang dilakukan secara tersusun atau terencana dalam rangka memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengunaan metode drill dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa RAM NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan. penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Implementasi tindakan yang adalah menerapkan pembelajaran dengan latihan yang diulng-ulang diwaktu yang singkat yang meliputi langkah-langkah pembelajaran : (1) menyiapkan buku qiro’ati, (2) mendengarkan bacaan huruf hijaiyah, (3) mmbaca huuf hijaiyah brsama-sama, (4) mengulang-ulang bacaan huruf hijaiyah.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui : (1) tes membaca, (2) wawancara, (3) obsevasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah RAM NU Masyithoh 13 Krapyak Lor Pekalongan, hal tersebut terlihat dari prosentase kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa. Sebelum diberi tindakan (pra siklus) siswa yang belum mampu membaca 58,8%; siswa yang kurang lancar membaca 35,28%; siswa yang cukup lancar membaca 5,88%; tetapi setelah diberi tindakan siswa yang kurang lancar membaca naik menjadi 41%; setelah tindakan I siswa yang lancar membaca 18%; setelah tindakan II naik menjadi 47,04%; pada akhir tindakan III siswa yang tidak fasih membaca tinggal 11,76% dan yang fasih membaca 88,2%. Hasil yang dicapai dalam pembelajaran membaca huruf hijaiyah dengan metode drill mengalami peningkatan sesuai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi akademik, para mahasiswa, dan para pengajar mata kuliah jurusan dan program studi difakultas Tarbiyah IAIN Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Huruf Hijaiyah dan Metode Drill
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:16
Last Modified: 10 Nov 2020 03:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item