Raffi, Zakariya (2024) Pembiasaan dzikir asmaul husna untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa di SMP Plus Al Kholiliy Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3320049_COVER BAB I, DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
3320049_FULL TEXS.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3320049_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang mengalami masalah kenakalan remaja yang ditandai dengan siswa yang tidak menaati peraturan sekolah, seperti sering terlambat berangkat sekolah, sering tidur dikelas ketika guru menjelaskan dikelas, pakaian sering dikeluarkan. Adapun untuk mengatasi masalah tersebut SMP Plus Al Kholiliy Comal Pemalang berupaya untuk mengatasinya dengan melakukan pembiasaan Dzikir Asmaul Husna yang dilakukan setiap selesai istirahat jam pertama di Masjid SMP Plus Al Kholiliy Comal Pemalang. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui proses pelaksaan dalam pembiasaan Dzikir AsmaulHusna untuk mengalami kenakalan remaja pada siswa di SMP Plus Al- Kholiliy Comal Pemalang? 2) Untuk mengetahui faktor yang dapat mendorong dan menghambatpembiasaan Dzikir Asmaul Husna untuk mengalami kenakalan remaja pada siswa di SMP Plus Al- Kholiliy Comal Pemalang? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dan pendekatan Tasawuf dan Psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembiasaan dzikir Asmaul Husna sebelum pembelajaran dapat meminimalisir kebiasaan buruk siswa, berpengaruh terhadap perbaikan akhlak atau tingkah laku siswa agar menjadi lebih baik lagi.Adapaun pembiasaan ini dilakukan secara maksimal, disiplin dan dilaksanakan setiap hari di masjid masing-masing. Dapat dilihat bahwa akhlak / perilaku siswa masih sangat kurang dan sangat perlu adanya bimbingan dari pihak sekolah. Dengan adanya pembiasaan dzikir Asmaul Husna maka ada pengaruh yang dapat dilihat dalam diri siswa yaitu siswa bias lebih taqwa, menjaga sopan santun, disiplin, menjaga dari perbuatan yang dibenci Allah SWT, dan mampu mengamalkan asma Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berbagai faktor pendukung dengan berbagai macam kerjasama antar warga sekolah dan dapat dilakukan dengan tertata rapi sesuai dengan konsep yang ada. Selain itu terdapat faktor yang menjadi penghambat berjalannya pembiasaan tersebut yaitu kurangnya kedisiplinan siswa dan lingkungan kelas yang kurang kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembiasaan Dzikir, Asmaul Husna, Kenakalan Remaja. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X5.2 Tasawuf 600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 610 Medical and Medicine Science(IlmuKedokteran dan Ilmu Pengobatan) > 615.8 Physical Therapies and Kinds of Therapics/Terapi Fisik dan Jenis-jenis Terapi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Tasawuf dan Psikoterapi | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:30 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11556 |
Actions (login required)
View Item |