Nafiyah, Ilma (2024) Strategi Peningkatan Kinerja Pemasaran Koperasi Syariah (Studi Kasus Di Btm Pemalang Cabang Moga Kabupaten Pemalang). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4220020_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
4220020_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
4220020_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ILMA NAFIYAH. Peningkatan Kinerja Pemasaran Koperasi Syariah (Studi Kasus di BTM Pemalang Cabang Moga. Peningkatan kinerja pemasaran pada koperasi syariah menjadi tantangan penting dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di sektor keuangan. BTM Pemalang Cabang Moga, sebagai lembaga keuangan berbasis syariah, perlu meningkatkan efektivitas pemasarannya untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh BTM Pemalang Cabang Moga dengan menggunakan pendekatan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence) guna meningkatkan kinerja pemasaran, yang diukur melalui indikator volume penjualan dan pertumbuhan jumlah pelanggan. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan objek penelitian di BTM Pemalang Cabang Moga Kabupaten Pemalang. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 karyawan BTM Pemalang Cabang Moga dan 2 anggota. Informan yang dipilih dengan Teknik Triangulasi Sumber. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran 7P berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan kinerja pemasaran BTM Pemalang Cabang Moga. Peningkatan terlihat pada peningkatan volume penjualan dan pertumbuhan jumlah anggota. Di antara seluruh strategi, aspek promosi memiliki pengaruh terbesar, terutama melalui pendekatan personal yang memperkuat hubungan dengan pelanggan dan membangun loyalitas yang berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Koperasi Syariah, Kinerja Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 02:09 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 02:09 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11586 |
Actions (login required)
View Item |