Penerapan Pendidikan Integrasi Bagi Anak Tunagrahita Kelas Vi Sd Islam Ibnu Kholdun Kedungwuni Pekalongan

Syakur, Salsabila Amat (2024) Penerapan Pendidikan Integrasi Bagi Anak Tunagrahita Kelas Vi Sd Islam Ibnu Kholdun Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320043_COVER_BAB I DAN BAB .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320043_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2320043_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Integrasi adalah pendidikan yang menggabungkan anak berkebutuhan khusus dengan anak yang tidak memiliki kebutuhan khusus dalam lingkungan belajar yang sama, seperti di sekolah umum. Dalam model ini, semua perserta didik, baik yang berkebutuhan khusus maupun yang tidak, ditempatkan di kelas yang sama, mengikuti proses pembelajaran berbasis kurikulum yang diterapkan di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Menjelaskan1 proses penerapan pendidikan integrasi bagi Anak Tunagrahita kelas VI di SD Islam Ibnu Kholdun Kedungwuni Pekalongan. (2) Mendeskripsikan dampak dari pendidikan integrasi bagi Anak Tunagrahita kelas VI di SD Islam Ibnu Kholdun Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang Penerapan pendidikan integrasi bagi anak tunagrahita kelas VI di SD Islam Ibnu Kholdun Pekalongan, menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis siswa (student center). Pendekatan ini menekankan pada proses pembelajaran yang relevan dan integrasi antar mata pelajaran membantu mempermudah pemahaman peserta didik, termasuk anak tunagrahita, sehingga menciptakan pembelajaran yang bermakna. Dampak pendidikan integrasi bagi anak tunagrahita meliputi dampak positif seperti diterimanya anak tunagrahita tanpa diskriminasi dan terbentuknya hubungan pertemanan yang setara. Namun, tantangan muncul dalam hal kerjasama antara siswa dan anak tunagrahita, yang menunjukkan adanya kesulitan dalam mengelola perbedaan kemampuan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Integrasi, Anak Tunagrahita
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:07
Last Modified: 13 Nov 2024 03:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item