Pengaruh Game Online Dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Desa Wonosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Diningrum, Ike Janu Arya (2024) Pengaruh Game Online Dan Pengawasan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Anak Di Desa Wonosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222058_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222058_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
50222058_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Game Online dan pengawasan orang tua terhadap prestasi belajar anak. Fenomena meningkatnya penggunaan Game Online di kalangan anak usia sekolah munculkan kekhawatiran terhadap dampaknya pada prestasi akademik mereka. Selain itu, pengawasan orang tua juga menjadi faktor penting dalam mendukung pencapaian prestasi belajar yang optimal. Dengan demikian penelitian ini mencoba untuk memahami sejauh mana kedua variabel tersebut mempengaruhi hasil belajar anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melallui kuesioner yang dibagikan kepada siswa serta orang tua di beberapa sekolah dasar di wilayah Desa Wonosari Kecamatan Karanganyar yang dipilih secara acak. Pengolahan data dilakukan dengan analisis statistik untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara penggunaan Game Online dan pengawasan orang tua terhadap prestasi anak. Responden dipilih secara puposive dengan mempertimbangkan frekuensi bermain Game Online dan tingkat pengawasan orang tua terhadap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh Game Online memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar anak. Anak-anak yang lebih sering bermain Game Online cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bermain dalam frekuensi rendah atau tidak bermain sama sekali. Selain itu, pengawasan orang tua juga menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar anak. Anak-anak yang berada di bawah pengawasan ketat orang tua, terutama dalam hal pengaturan waktu bermain dan aktivitas belajar, memiliki hasil belajar yang lebih baik. Kesimpulannya, penelitian ini menentukan bahwa baik Game Online maupun pengawasan orang tua memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar anak, namun dengan arah pengaruh yang berbeda. Sementara penggunaan Game Online berdampak negatif pengawasan orang tua memberikan dampak positif yang mendukung capaian akademik anak temukan ini menggaris bawahi pentingnya peran orang tua dalam mengawasi aktivitas Game Online anak. Serta mendorong sekolah dan keluarga untuk berkolaborasi dalam menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRohman, TaufiqurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Game Online, Pengawasan Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 16 Dec 2024 01:20
Last Modified: 16 Dec 2024 01:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11608

Actions (login required)

View Item View Item