Sinta Sukmawati, Sukma (2024) Upaya Penanaman Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan Tahlil Di Mi Salafiyah Kuripan Lor Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320061_ Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2320061_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
2320061_Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sukmawati, Sinta, 2024, “Upaya Penanaman Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Pembiasaan Tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan”.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kh. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Prof. Dr. H. Moh. Sugeng Solehudin, M. Ag. Kata Kunci : Upaya, Karakter Religius, Pembiasaan Tahlil Era globalisasi memunculkan persoalan pendidikan salah satunya pendidikan karakter religius, seperti kurangnya rasa hormat kepada guru maupun orang tua, siswa datang terlambat , siswa berkata kotor,siswa tidak berseragam dengan rapih, siswa makan sambil berdiri, dan siswa mencontek ketika ujian. Masalah ini dapat diantisipasi dengan menanamkan karakter religius pada peserta didik. Pendidikan karakter tidak hanya dilakukan di dalam kelas, bisa diterapkan melalui kegiatan yang ada di madrasah yang dilakukan diluar pembelajaran seperti kegiatan pembiasaan tahlil. kegiatan pembiasaan tahlil dalam membentuk karakter religius siswa dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai upaya. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana upaya penanaman karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan 2. Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa upaya penanaman karakter religius siswa melalui kegiatan pembiasaan tahlil di MIS Kuripan Lor Pekalongan yaitu dengan memberikan contoh atau teladan, memberikan motivasi, membiasakn diri membaca tahlil, dan pemberian pengawasan. Faktor pendukungnya yiatu, adanya kerjasama antar guru, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambatnya yaitu, cuaca hujan, kesadaran diri peserta didik, dan lingkungan masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Upaya, Karakter Religius, Pembiasaan Tahlil | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:27 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11627 |
Actions (login required)
View Item |