TAFFAUL SAROH NUR FAYZA, TAFFAUL (2024) Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Semangat Kerja Guru Di Mi Darul Ulum Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320070_BAB I & BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
2320070_Full Text_2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2320070_Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Saroh, Taffaul. 2024. “Analisis Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Semangat Kerja Guru Di MI Darul Ulum Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Prof. Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. Kata Kunci : Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional Kepemimpinan merupakan suatu topik bahasan klasik yang menarik untuk diteliti karena dapat menentukan keberhasilan dalam suatu organisasi. Keberhasilan dalam suatu organisasi tidak luput dengan adanya kesenjangan yang terjadi antara pemimpin dengan anggotanya seperti perbedaan pemahaman, kurangnya komunikasi, berkurangnya semangat kerja serta penyesuaian kepemimpinan terhadap perkembangan zaman. Kepemimpinan transformasional merupakan kepemimpinan yang menguasai situasi dengan proses penyampaian visi yang jelas dengan tujuan kelompok. Dalam meningkatkan efesiensi penyelenggaraan pendidikan, diperlukan manajemen kepemimpinan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Rumusan masalah penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu bagaimana pelaksanaan gaya kepemimpinan transformasional di MI Darul Ulum Batang serta bagaimana dampak kepemimpinan transformasional terhadap semangat kerja guru di MI Darul Ulum Batang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah di MI Darul Ulum Batang dan menjelaskan dampak dari kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap semangat kerja guru di MI Darul Ulum Batang. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan trasnformasional kepala sekolah di MI Darul Ulum Batang merupakan gaya kepemimpinan yang membawa sekolah untuk mencapai tujuan sekolah yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. Kepala sekolah menjalankan manajemen kepemimpinan berupa perencanaan pengorganisasian, penggerakkan, dan pengawasan. Dengan memperhatika 3 aspek berikut diantaranya menjalin hubungan baik dengan warga sekolah, keteladanan sebagai kepala sekolah, dan evaluasi. Yang menghasilkan dampak yang baik terhadap semangat kerja guruyang ditandai dengan kehadiran guru yang tepat waktu, Kerjasama yang baik, gairah dan minat kerja guru, serta menjalin hubungan baik dengan sesama rekan kerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan, Kepemimpinan Transformasional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:24 | ||||||||
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:24 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11633 |
Actions (login required)
View Item |