Rizki, Nayla (2024) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Mewujudkan Berpikir Kritis Dan Minat Belajar Siswa Kelas Viii Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Muhammadiyah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Aqidah Akhlak terlihat adanya siswa masih kurang dalam minat belajar dan kemampuan berpikir siswa kelas VIII, seperti masih ada siswa yang kurang fokus dalam belajar, kurangnya kemampuan siswa dalam menganalisa permasalahan dan menemukan solusi pemecahan yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana implementasi problem based learning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang? 2) Bagaimana problematika problem based learning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang? 3) Bagaimana Solusi Problematika model Problem Based Learning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik kelas VIII pada aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis implementasi model Problem Based Learning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII pada aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang. 2) Untuk menganalisis problematika model Problem BasedLearning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik kelas VIII pada aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang. 3) Untuk menganalisis solusi problematika model Problem Based Learning dalam mewujudkan berpikir kritis dan minat belajar siswa kelas VIII pada aqidah akhlak di MTs Muhammadiyah Batang. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif yaitu teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model Problem Based Learning (PBL) pada aqidah akhlak kelas VIII di MTs Muhammadiyah Batang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan meliputi: orientasi siswa, mengorganisasi siswa dalam belajar,membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, serta tahap evaluasi. problematika yang ditemukan 1) guru yang kesulitan dalam menentukan masalah hal ini bisa ditangani dengan menentukan masalah yang autentik, 2) siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda hal ini bisa ditangani dengan pembuatan program pengajaran siswa berdasarkan kemampuan siswa. 3) waktu yang terbatas, hal ini bisa ditangani oleh guru yaitu dengan cara menerapkan manajemen waktu. 4) kurangnya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran aqidah akhlak. Hal ini bisa ditangani dengan guru bisa menjadikan pembelajaran yang menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Berpikir kritis, dan Minat Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2024 04:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Nov 2024 04:26 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11670 |
Actions (login required)
View Item |