Transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pengembangan budaya religius dan sikap sosial di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan

Saffana, Nora Karima (2024) Transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pengembangan budaya religius dan sikap sosial di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222053 - Bab I dan Bab VII.pdf

Download (3MB)
[img] Text
50222053 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
50222053 - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nilai-nilai pendidikan Islam merupakan segala hal yang mengandung unsur positif yang berguna bagi manusia berupa aturan dan norma yang ada pada pendidikan Islam. Proses penghayatan atas nilai-nilai pendidikan Islam perlu untuk ditanamkan agar nilai pendidikan Islam tidak hanya dipahami secara kognitif saja namun juga bermakna dan bernilai sehingga diamalkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam mempunyai tiga tujuan nilai yaitu, pertama, menyiapkan generasi muda untuk memegang peranan tertentu dalam masyarakat di masa mendatang, kedua, mentransfer pengetahuan sesuai peranan yang diharapkan, dan ketiga, mentransfer nilai-nilai dan budaya dalam rangka pembentukan karakter guna memelihara keutuhan dan kesatuan masyarakat sebagai prasyarat bagi kelangsungan hidup masyarakat dan peradaban. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Transformasi Nilai-Nilai pendidikan agama Islam di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan? (2) Bagaimana transformasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan budaya religius di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan? (3) Bagaimana transformasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pengembangan sikap sosial di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transformasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pengembangan budaya religius dan sikap social di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan secara umum telah dilakukan secara optimal. Dalam pelaksanaannya melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler dan pembiasaan di sekolah. Nilai-nilai Pendidikan agama Islam di MTs YMI Wonopringgo Pekalongan meliputi: nilai tauhid, nilai syariah dan nilai akhlak, sedangkan budaya religius yang ada budaya 5S, sholat jama’ah, sholat dhuha, tadarus Al-Qur’an, hafalan surat-surat penting, dan kegiatan perayaan pada hari besar Islam. Sikap sosial yang ditanamkan di sekolah antara lain: sikap tolong menolong, jujur, disiplin, sopan, santun, saling menghormati dan hidup berdampingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam, Budaya Religius, Sikap Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:34
Last Modified: 19 Nov 2024 01:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11681

Actions (login required)

View Item View Item