Alista, Rahima Sevi (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Di MTs N 1 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2620041_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (455kB) |
|
Text
2620041_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Project Based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik dalam proses aktif untuk menyelesaikan masalah melalui proyek nyata, mengedepankan pembelajaran yang kontekstual dan kolaboratif. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep matematis pada peserta didik di MTs N 1 Pemalang, yang diindikasikan oleh ketidakmampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh yang diberikan. Model PjBL memungkinkan peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran melalui proyek nyata yang relevan, sementara geogebra menyediakan media visual interaktif yang dapat mendukung pemahaman peserta didik terhadap konsep matematis. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimana efektivitas model pembelajaran PjBL berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di MTs N 1 Pemalang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran PjBL berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di MTs N 1 Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan peserta didik kelas IX di MTsN 1 Pemalang. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen (IX 3) yang menggunakan model PjBL berbantuan geogebra dan kelas kontrol (IX 1) dengan model pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data mencakup uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan t-test dan N-gain untuk mengukur peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berbantuan geogebra secara signifikan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 pada uji t yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Peningkatan kemampuan pemahaman siswa pada kelas eksperimen ditunjukkan dengan nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan model PjBL berbantuan geogebra efektif dan dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning (PjBL), Geogebra, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Pendidikan Matematika | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 16 Dec 2024 07:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11688 |
Actions (login required)
View Item |