Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di RAM NU Pekuncen

Sofyana, Desy Putri (2023) Peran Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus di RAM NU Pekuncen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2418016_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2418016_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Anak berkebutuhan khusus di RAM NU Pekuncen mempunyai kekurangan dalam segi prestasi belajar di sekolah karena keterbelakangan mental. Karakteristik anak berkebutuhan khusus di RAM NU Pekuncen sangatlah kurang dalam menguasai dan menangkap pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya. Tentunya dengan keterbelakangan mental tersebut perlu adanya peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus tersebut, karena pada dasarnya anak tidak akan memiliki minat belajar yang tinggi tanpa kepedulian dan peran guru di sekolahnya, apalagi anak berkebutuhan khusus yang notabenenya adalah anak yang memiliki keterbelakangan mental pasti sangat dibutuhkannya peran guru untuk menumbuhkan minat belajar dan prestasi belajarnya. Permasalahan yang peneliti kemukakan dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus di RAM NU Pekuncen? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus di RAM NU Pekuncen? Penelitian ini bersifat deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah Peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus berlangsung pada saat kegiatan belajar mengajar. pertama yaitu peran guru sebagai mediator dengan guru menggunakan media yang ada di kelas, kedua yaitu peran guru sebagai fasilitator dengan menyiapkan fasilitas belajar, ketiga yaitu peran guru sebagai pengelola kelas dengan menyediakan lingkungan belajar yang nyaman, keempat yaitu peran guru sebagai pembimbing, kelima yaitu peran guru sebagai motivator dengan selalu memotivasi anak dan keenam yaitu peran guru sebagai evaluator dengan memberikan penilaian yang berbeda. Faktor yang mempengaruhi peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak berkebutuhan khusus di RAM NU Pekuncen yakni faktor intrinsik yang mana faktor tersebut berasal dari diri anak berupa keadaan jasmani, motivasi serta emosional anak dan faktor ekstrinsik yang mana faktor tersebut berasal dari luar diri anak berasal dari guru dan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIndrawati, TrianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Minat Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 19 Nov 2024 05:52
Last Modified: 19 Nov 2024 05:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11701

Actions (login required)

View Item View Item