Sitta, Dina Malia (2023) Implementasi Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Estafet Kelompok B Di TK Kemala Bhayangkari 19 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2419008_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2419008_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Menurut Pasal 1 ayat 14 Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003, pendidikan anak usia dini adalah perkembangan anak sejak lahir sampai usia 6 (enam) tahun, yang dilakukan dengan bantuan insentif pendidikan yang mendorong perkembangan dan dukungan fisik. Menteri Pendidikan Anak Usia Dini tahun 2014 nomor 137. Perkembangan anak yang dicapai merupakan keterpaduan beberapa aspek perkembangan, antara lain nilai motorik, nilai agama dan moral, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. Salah satu aspek yang harus dikembangkan kepada anak yaitu aspek perkembangan fisik-motorik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi pengembangan motorik kasar anak melalui permainan lari estafet kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 19 Kota Pekalongan, dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat motorik kasar anak melalui permainan lari estafet kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 19 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) melalui pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan model Miles and Huberman yang digunakan dalam penelitian ini redukasi data, display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pengembangan motorik kasar anak melalui permainan lari estafet kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 19 Kota Pekalongan menunjukan hasil yang baik. Adanya implementasi pengembangan motorik kasar anak melalui permaianan lari estafet dalam hal ini anak-anak bisa lebih mengembangkan motorik kasar secara optimal. Seperti anak mampu untuk mengkoordinasi geraknya, menyeimbangkan lari,menyeimbangkan lari anak tanpa sempoyongan, mengatur kecepatan lari dan melakukan gerakan perubahan secara cepat, dan bekerjasama dengan kelompok. faktor pendukung dalam implementasi pengembangan motorik kasar anak melalui permainan lari estafet kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 19 Kota Pekalongan yaitu pendidik yang kompeten, keluarga, jenis kelamin, dan gizi anak. Sedangkan faktor penghambat berupa lingkungan seperti pendidikan dan wawasan dari orang tua dan kehidupan ekonomi di lingkungan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Motorik Kasar, Permainan Lari Estafet | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | Rosi Rosi | ||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2024 09:00 | ||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2024 09:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11744 |
Actions (login required)
View Item |