Peran Guru dalam Pembentukan Personal Safety Skills pada Anak Usia 5-6 Tahun Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di TK ABA Plompong Kec. Sirampog Kab. Brebes

Putri, Cahya Amalia (2023) Peran Guru dalam Pembentukan Personal Safety Skills pada Anak Usia 5-6 Tahun Sebagai Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual di TK ABA Plompong Kec. Sirampog Kab. Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2419011_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2419011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah di atas bahwa di kelurahan Plompong sendiri pernah terjadi tindakan pencabulan terhadap anak usia 5-6 tahun oleh seorang kakek berusia 70 tahun. Maka dari itu TK ABA Plompong Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes adalah salah satu lembaga pendidikan yang berkomitmen menanamkan pendidikan seksual pada anak usia dini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam pembentukan personal safety skills pada anak usia 5 - 6 tahun sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual di TK ABA Plompong Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes.? Tujuannya yakni untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan personal safety skills pada anak usia 5-6 tahun sebagai upaya pencegahan kekerasan seksual di TK ABA Plompong Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini berjenis penelitian lapangan, sedangkan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dari data primer dan sekunder, sedangkan metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data disini yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru yaitu sebagai pendidik, pemimbing, model atau teladan, motivator dan fasilitator dimana dari lima peran tersebut bahwa dalam pengajarannya mengenali jenis kelamin, berpakaian yang sopan dan mengajarkan siapa saja yang boleh menyentuh dan tidak boleh menyentuh dirinya dan melaporkan kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, sebagai contoh guru dalam menjalankan perannya, serta guru mengajarkan dengan menggunkan boneka jari dalam pembelajarannya. Tujuannya untuk mengajarkan kepada anak untuk menjaga dirinya dari perbuatan seksual. Adapun faktor pendukung dari penelitian ini yaitu sekolah, guru, waktu pembelajaran, lingkungan yang kondusif, serta faktor penghambatnya yaitu orang tua, masyarakat siswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIrsyad, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Personal Safety Skills, Kekerasan Seksual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 22 Nov 2024 09:31
Last Modified: 22 Nov 2024 09:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11745

Actions (login required)

View Item View Item