Pembelajaran Hablum Minal Alam Dalam Meningkatkan Perilaku Peduli Lingkungan Di Sekolah Alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan

Rakhmawati, Rani (2024) Pembelajaran Hablum Minal Alam Dalam Meningkatkan Perilaku Peduli Lingkungan Di Sekolah Alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50322028_Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50322028_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rani Rakhmawati, 2024, Pembelajaran Hablum Minal Alam Dalam Meningkatkan Perilaku Peduli Lingkungan Di Sekolah Alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan. Tesis, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Pascasarjana, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: I. Prof. Dr.H Zaenal Mustakim,M,Ag II. Dr. Nur Kholis, M.A. Tesis ini mengkaji Pembelajaran Hablum Minal Alam Dalam Meningkatkan Perilaku Kepedulian Lingkungan Di Sekolah Alam Mi Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan. Konsep Hablum Minal Alam dalam Islam menekankan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi untuk menjaga dan merawat lingkungan. Dalam konteks sekolah alam, pendidikan berbasis pengalaman alam berpotensi mengembangkan kesadaran lingkungan pada siswa. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana integrasi nilai-nilai Islami dalam kurikulum, seperti kesederhanaan, syukur, dan tanggung jawab ekologis, diterapkan melalui kegiatan bercocok tanam, penghijauan, dan proyek-proyek lingkungan, seperti eco-bricks dari sampah plastik. Rumusan Masalah dalam tesis ini adalah: Apa saja nilai-nilai hablum minal alam yang diajarkan di Sekolah Alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan?; Bagaimana kurikulum pembelajaran hablum minal alam dalam meningkatkan perilaku kepedulian lingkungan di sekolah alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan?; Bagaimana metode pembelajaran hablum minal alam dalam menanamkan perilaku kepedulian lingkungan di sekolah alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah, Mendeskipsikan nilai-nilai hablum minal alam yang diajarkan di Sekolah Alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan; Menganalisis kurikulum pembelajaran hablum minal alam dalam meningkatkan perilaku kepedulian lingkungan di sekolah alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan; Menelaah metode pembelajaran hablum minal alam dalam menanamkan perilaku kepedulian lingkungan di sekolah alam MI Bukit Pelangi Karanganyar Pekalongan. Tesis ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan yang analisisnya tidak menekankan pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Dengan menggunakan Kurikulum Merdeka yang disesuaikan secara lokal, MI Bukit Pelangi mengadopsi pendekatan pembelajaran berbasis alam dan pengalaman langsung, di mana siswa belajar di lingkungan terbuka, berinteraksi langsung dengan alam, dan memahami dampak perubahan lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis alam dan nilai-nilai Islami efektif dalam menumbuhkan kepekaan ekologis dan perilaku peduli lingkungan siswa, serta berpotensi sebagai model pendidikan lingkungan yang berkelanjutan. Kata kunci: Hablum Minal Alam, Perilaku Peduli Lingkungan, Sekolah Alam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaenal, MustakimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hablum Minal Alam, Perilaku Peduli Lingkungan, Sekolah Alam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 06 Dec 2024 07:35
Last Modified: 06 Dec 2024 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11795

Actions (login required)

View Item View Item