Nisa, Zahrotun (2024) Strategi Relationship Marketing dan Peningkatan Kualitas Pelayanan dalam Upaya Meningkatkan Kuantitas Anggota Simpanan Ziarah (Studi Kasus KSPPS KOPSIMNU Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIn K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
4220128 - Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
4220128 - Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
4220128 - Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
Abstract
Persaingan antara lembaga keuangan syariah dan konvesional semakin ketat menjadikan mereka perlu menggunakan strategi dan pelayanan yang tepat. Strategi pemasaran memberikan gambaran suatu lembaga keuangan untuk mensukseskan visi dan misi perusahaan. Lembaga keuangan juga dituntut agar dapat menciptakan inovasi baru dan berkreasi dalam mengambil hati nasabah melalui produk dan pelayanannya. Lahirnya lembaga keuangan mikro syariah seperti koperasi syariah menjadi solusi bagi masyarakat sector menengah kebawah yang menolak adanya riba dan kurang minat terhadap lembaga perbankan. Ketatnya persaingan antar lembaga keuangan menjadikan KSPPS KOPSIM NU Batang terus berupaya untuk meningkatkan strategi dan pelayanan kualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan strategi relationship marketing dan menganalisis konsep kualitas pelayanan yang diterapkan KSPPS KOPSIM NU Batang dalam meningkatkan kuantitas anggota produk simpanan ziarah. Penelitian ini merupakan jenis field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan manager, KA cabang, customer service, marketer, teller, security, dan anggota simpanan ziarah KSPPS KOPSIMNU Batang. Data sekunder berupa gambaran umum lokasi penelitian serta bahan-bahan lainnya yang berkaitan dengab penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KSPPS KOPSIMNU Batang dalam pelaksanaan strategi Relationship Marketing di KSPPS KOPSIMNU Batang, KOPSIMNU menerapkan empat indikator yaitu komunikasi, kepercayaan, conflict handling, dan komitmen. Dari ke 4 indikator tersebut semuanya sangat berpengaruh terhadap peningkatan kuantitas anggota simpanan ziarah, karena setiap tahunnya anggota simpanan ziarah selalu mengalami peningkatan. Kemudian dalam pelaksanaan peningkatan kualitas pelayanan KSPPS KOPSIMNU Batang menerapkan enam indikator yaitu relabilitas, responsiveness, assurance, emphaty, tangible, dan compliance. Dari ke enam indikator tersebut semuanya sangat berpengaruh terhadap peningkatan kuantitas anggota simpanan ziarah, karena setiap tahunnya anggota simpanan ziarah selalu mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | relationship marketing, kualitas pelayanan, dan simpanan ziarah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 09 Dec 2024 06:44 | ||||||||
Last Modified: | 09 Dec 2024 06:44 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11805 |
Actions (login required)
View Item |