Komodifikasi hijab dalam iklan parfum morris hijab edition di media televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Muyassaroh, Naila (2021) Komodifikasi hijab dalam iklan parfum morris hijab edition di media televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURAHMAN WAHID.

[img] Text
3417064-Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3417064-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3417064-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
Official URL: Https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Belakangan ini kapitalisme sering menjual produk dengan mengusung unsur agama didalamnya. Agama yang berisi tuntunan dan suatu kepecayaan telah dijadikan komoditas. Seperti yang akhir- akhir ini sering dilakukan oleh iklan dengan menggunakan unsur agama untuk menggait konsumennya, salah satunya dengan penggunaan hijab. Hijab dikomodifikasi dan dikemas semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian konsumen, hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan keuntungan perusahaan semata seperti iklan parfum Morris Hijab Edition. Berdasarkan latar belakang diatas maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui komodifikasi hijab yang ada di dalam iklan. Menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, analisis semiotika Roland Barthes, teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer dan sekunder. Dalam menganalisis data, penulis melakukan pengumpulan data terlebih dahulu, kemudian terlebih dahulu mengklasifikasi data menurut teori Jhone Fiske yaitu realita, representasi, dan ideology yang kemudian penulis dapat mengetahui makna denotasi, konotasi, dan juga mitos sesuai dengan analisis semiotika Rolanda Barthes. Hasil penelitian telah dilakukan komodifikasi hijab dalam iklan parfum Morris Hijab Edition yang menjadi kajian objek peneliti dapat ditarik bahwa adanya kedok kapitalisme yang dalam iklan parfum Morris Hijab Edition. Hijab yang seharusnya menjadi idiologi wanita dijadikan komoditas di dalam iklan tersebut. Komodifikasi itu berupa label hijab yang ada di kemasan, penggunaan model wanita berhijab, dan komodifikasi parfum

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyatmika, TeddyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kapitalisme, Iklan Parfum Morris Hijab Edition, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 11 Dec 2024 01:31
Last Modified: 11 Dec 2024 01:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11829

Actions (login required)

View Item View Item