Anisah, Nur (2021) Strategi Komunikasi Guru Dalam Meningkatkan Pemebelajaran (Daring) Pada Masa Pandemi Di SD 01 Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
3417052-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
|
Text
3417052-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3417052-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Saat ini Indonesia menghadapi pandemi covid-19 yang berdampak pada beberapa sektor terutama pendidikan, sehingga pembelajaran di SD 01 Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan yang biasanya dilakukan secara tatap muka sekarang berganti pada pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi seperti handphone untuk menunjang proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran daring perlu adanya strategi komunikasi guru agar materi pembelajaran dapat diterima dengan optimal oleh peserta didik sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai sesuai dengan yang diinginkan. Maka dari itu peneliti akan menganalisis bagaimana strategi komunikasi yang digunakan guru di SD 01 Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas, maka tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan guru pada SD 01 Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengaplikasikan teori Lasswell pada ilmu komunikasi, jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan cara mengamati secara langsung pada objek penelitian. Untuk memperoleh data penenelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan menggunakan dua sumber data yakni sumber data sekunder dan primer. Untuk menganalisis data, peneliti melakukan reduksi (data reduction), paparan data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conlusion drawing/verifying). Tahapannya yaitu memperoleh data selama proses pembelajaran daring, mengolah hasil penelitian untuk selanjutnya peneliti memaparkan hasil penemuan tentang strategi komunikasi guru dalam meningkatkan pembelajaran daring di sd 01 Kalimojosari Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi guru dalam meningkatkan pembelajaran dapat mengaplikasikan beberapa teknik diantaranya adalah (1 ) redundancy (2) canalizing (3) informatif (4) persuasif (5) edukatif (6) koersif. Strategi komunikasi guru dalam meningkatkan pembelajaran daring model Lasswell yaitu : (1) who guru merupakan orang yang dijadikan sebagai sumber pesan,(2) pesan yang ingin disampaikan oleh guru adalah meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring, materi pembelajaran dapat diterima dengan baik serta siswa-siswi dapat antusias mengikuti kegiatan belajar mengajar, (3) in which channel yakni media yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan pesan kepada peserta didik melalui alat komunikasi atau handphone ix dengan memanfaatkan aplikasi WG, (4) to whom adalah siapa yang menerima pesan tersebut, dalam pembelajaran daring siswa-siswi dijadikan sebagai orang yang menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru, (5) with what effect yaitu bagaimana dampak atau efek, kegiatan pembelajaran secara daring tetap seperti pembelajaran tatap muka biasa hanya saja perbedaannya yaitu pada jarak dan menggunakan handphone untuk melakukan komnikasi antara siswa ddengan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, strategi komunikasi, pembelajaran daring | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ari Sugeng | ||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 06:19 | ||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 06:19 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11853 |
Actions (login required)
View Item |