Dakwah Berbasis Iklan Layanna Masyarakat 3M dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Radio PPK FM Sragi Tahun 2020)

Azizah, Luluk (2021) Dakwah Berbasis Iklan Layanna Masyarakat 3M dimasa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Radio PPK FM Sragi Tahun 2020). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3417034-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3417034-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
3417034-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang Radio Komunitas mengiklankan iklan layanan masyarakat tentang 3M dimasa Pandemi Covid-19. Namun berbeda dengan radio lainnya, Radio Komunitas PPK FM Sragi mengiklankan iklan layanan masyarakat tentang 3M memasukan unsur dakwah sehingga membuat Radio Komunitas ini mampu besaing dengan radio lainnya. Sehingga iklan layanan masyarakat di Radio PPK FM Sragi tak hanya mengandung pesan yang bersifat edukatif, pesan yang bersifat persuasif, pesan yang bersifat informatif namun juga memberikan pesan dakwah yakni tentang aqidah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif. Pendekatan deskriptif merupakan metode penelitian dengan cara menggungkapkan, menggambarkan fakta-fakta yang terjadi dari hasil penelitian. Sumber data dala penelitian ini meliputi data primer, data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil data kemudian dianalisis lalu ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep dakwah berbasis iklan layanan masyarakat 3M dimasa Pandemi Covid-19 di Radio Komunitas PPK FM Sragi menggunakan konsep dakwah bil-lisan . metode dakwah bil-lisan yakni penyampaian informasi atau pesan dakwah melalui lisan dengan menggunakan teknik dialog melalui radio untuk menyampaiakan pesan dakwahnya kepada para pendengar. Adapun konsep dakwah berbasis iklan layanan masyarakat mengambil tema sesuai degan iklan layanan masyarakat yang diiklankan di radio, dengan mengguakan hadits-hadits yang sesuai dengan tema iklan. Implementasi penelitian pada dakwah berbasis iklan layanan masyrakat tentang 3M di Radio Komunitas PPK FM Sragi adalah untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19. Radio Komunitas PPK FM Sragi harus lebih meningkatkan ualitas iklannya agar khalayak yang menerima pesan melalui iklan dapat dimengerti oleh masyarakat sendiri. Dan penelitian ini diharapka dapat menjadi bahan pembelajaran bagi peneliti dalam menambah pengetahuan dan wawasan dalam menganalisi sebuah iklan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konsep Iklan Layanan asyarakat, Implementasi Iklan Layanan Masyarakat, Dakwah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 12 Dec 2024 06:20
Last Modified: 12 Dec 2024 06:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11879

Actions (login required)

View Item View Item