Penggunaan Desain Grafis Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah Dalam Menarik Follower (Studi Kasus Akun Instagram @Santribatang)

Linawati, Rus (2022) Penggunaan Desain Grafis Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah Dalam Menarik Follower (Studi Kasus Akun Instagram @Santribatang). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
3418010-Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3418010-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
3418010-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rus Linawati, (3418010). 2022. “ Penggunaan Desain Grafis Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah Dalam Menarik Follower (Studi Kasus Akun Instagram @santribatang)”. Skripsi Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Pembimbing: M. Rikzam Kamal, M.Kom. Kata kunci: Desain Grafis, Media Sosial Instagram, Media Dakwah Maraknya isu-isu radikal di media sosial maupun website. Bahkan juga adanya ujaran kebencian terhadap suatu kaum. Terutama anak muda yang akan menjadi penerus bangsa. Permasalahan tersebut dapat memecah bangsa. Dari permasalahan tersebut, muncullah komunitas Santri Batang. Seiring perkembangan waktu, isu-isu radikal telah terkikis dengan pencegahan dari pemerintah, masyarakat ataupun organisasi yang bernafaskan moderat. Salah satunya komunitas Santri Batang hadir sebagai wadah dalam permasalahan tersebut. Berawal dari maraknya isu-isu tersebut, santri batang hadir untuk mensyiarkan ajaran Islam. Dimana komunitas Santri Batang sekarang telah berubah konten wajah menjadi konten dakwah melalui media sosial Instagram. Media sosial instagram menjadi salah satu cara penyampaian dakwah. Namun dalam pengemasan dakwah dalam media sosial menggunakan desain grafis. Dengan menggunakan desain grafis yang bertujuan untuk memudahkan penerima dalam memahami pesan-pesan Islam yang disampaikan secara simple. Selain itu juga para pembaca tidak bosan melihat quote yang dibuatnya. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Data primer berupa informan dengan menggunakan wawancara secara langsung maupun secara online, melalui google formulir dan aplikasi WhatsApp, kemudian data sekunder berupa buku, jurnal dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat, bahwa akun @santribatang mempunyai banyak follower hingga mencapai 3.060. Dalam akunnya terdapat banyak postingan quote mutiara yang dikemas menggunakan desain grafis, dengan berbagai elemen desain grafis meliputi Penggunaan warna, Penggunaan background yang bertujuan mempermudah pembaca memahami apa yang disampaikan didalam konten dan menggunakan berbagai strategi. Strategi yang digunakan dalam dakwah melalui media sosial instagram, menggunakan gambar/tokoh ulama, menggunakan tagar/lokasi, dan menggunakan backround berbagai ragam, sehingga tampilannya tidak monoton dan feed instagram tertata rapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKamal, M. RikzamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis, Media Sosial Instagram, Media Dakwah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 12 Dec 2024 09:00
Last Modified: 12 Dec 2024 09:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11892

Actions (login required)

View Item View Item