Podcast Sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Channel Youtube PPI TV edisi Berdakwah Tanpa Harus Menjadi Pendakwah).

Pujiana, Tira (2022) Podcast Sebagai Media Dakwah (Studi Terhadap Channel Youtube PPI TV edisi Berdakwah Tanpa Harus Menjadi Pendakwah). Diploma thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

[img] Text
3417072_Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3417072_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3417072_lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kemajuan informasi, teknologi, dan komunikasi yang terus bertambah pesat. Di era yang serba digital ini banyak informasi-informasi yang mudah untuk diakses namun, selain mudah untuk diakses juga membawa kita pada era distruction dimana informasi yang didapatkan memiliki berbagai makna atau sulit untuk dibedakan mana yang baik dan mana yang tidak. Salah satu media dakwah yang mudah diterima diera sekarang salah satunya dengan Podcast. Beberapa waktu lalu, salah satu content creator yaitu Rikza Azriyan mengundang salah satu bintang tamu yaitu Teuku Wisnu dalam Youtube Podcast miliknya yang merupakan seseorang public figur untuk membahas bagaimana solusi konkrit mendidik anak jaman now dan kenapa kita harus berdakwah via sosial media. Rumusan masalah yang bertujuan untuk memfokuskan penelitian yaitu Bagaimana Makna Pesan Dakwah Dalam Podcast edisi Berdakwah Tanpa Harus Menjadi Pendakwah?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos serta pesan dakwah apa saja dalam video dengan mengamati setiap scene. Susuai dengan manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan konstribusi mengenai penelitian dalam bidang dakwah melalui media massa serta memberikan pandangan baru mengenai teori semiotik Roland Barthes. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan teknik dokumentasi dengan mengambil beberapa adegan yang mengandung makna denotasi, konotasi, dan mitos serta pesan dakwah dalam podcast. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis semiotika, Penggunaan teori dalam analisis ini yaitu teori dari Roland Barthes. Hasil yang didapat dalam penelitian dalam podcast “Berdakwah Tanpa Harus Menjadi Pendakwah” mengandung sebuah makna denotasi, konotasi maupun mitos. Selain itu podcast ini juga mengandung pesan dakwah yakni bahwa siapa saja bisa melakukan dakwah, tanpa harus memiliki gelar sebagai ustadz maupun kyai, caranya dengan melihat potensi yang ada pada diri kita. Podcast ini memiliki pesan dakwah yang paling dominan dalam video yaitu pada pesan dakwah akhlak dan pesan dakwah Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyatmika, TeddyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pesan Dakwah, Media dakwah, Analisis Semiotika Roland Barthes
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:34
Last Modified: 13 Dec 2024 06:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11912

Actions (login required)

View Item View Item