Analisis Wacana Pesan Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam Youtube Jeda Nulis (Edisi 22 Oktober 2020 “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?)

Melani, Anisa Fitria (2021) Analisis Wacana Pesan Dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam Youtube Jeda Nulis (Edisi 22 Oktober 2020 “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
3417102 - Bab1&5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3417102 - fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
3417102 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

YouTube memberikan arah baru bagi terciptanya model dakwah yang lain dengan format berbagi link atau video. Salah satu da’i yang menggunakan YouTube sebagai media dakwah dengan tujuan ingin menghadirkan konten positif dan bermanfaat ditengah maraknya konten negatif dan berita hoax adalah Habib Husein Jafar Al Hadar. Konsep dakwah yang dibawa oleh Habib Husein Ja’far adalah dakwah yang penuh dengan kedamaian. Beliau selalu mengutarakan bahwa segala aspek Islam baik akidah, syari’ah, dan akhlak terdapat asas-asas cinta di dalamnya. Salah satu video Habib Husein Ja’far dengan judul “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?” memiliki keunikan tersendiri dimana video tersebut tidak berbicara mengenai hukum beribadah saja tetapi memasukkan unsur cinta dalam beribadah. Hal ini memberi pemantik kepada peneliti untuk mencari tahu pesanpesan dakwah apa saja yang terkandung dalam video tersebut. Untuk itu, tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana analisis wacana pesan dakwah Habib Husein Ja’far Al Hadar dalam YouTube Jeda Nulis (Edisi 22 Oktober 2020 “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?”). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis wacana teori Teun A.Van Dijk yang terdiri dari 3 dimensi yaitu teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan penelitian secara sistematis, faktual, dan akurat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa wacana pesan dakwah video “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?” dari dimensi teks membentuk wacana tiga pesan dakwah yaitu aqidah, syari’ah dan akhlak. Dimensi kognisi sosial dari da’i dalam memproduksi suatu pesan dakwah adalah hal-hal yang berkaitan dengan pernyataan bahwa Islam adalah agama cinta, dimana setiap ajaran dalam Islam terdapat aspek cinta di dalamnya seperti aqidah, syari’ah dan akhlak. Dari segi konteks sosial video “Kenapa Saya Berat Buat Ibadah ?”dapat diterima baik oleh masyarakat dapat dilihat melalui komentar baik dalam video tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMazaya, VykiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis wacana, Pesan Dakwah, Youtube, Habib Husein Ja’far
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:31
Last Modified: 13 Dec 2024 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11913

Actions (login required)

View Item View Item