Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Siswa Di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang

Amri, Misbach Rizal (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Dan Tanggung Jawab Siswa Di SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119062_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (918kB)
[img] Text
2119062_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
2119062_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memengaruhi perilaku dan karakter anak-anak, sehingga pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab menjadi sangat penting dalam pendidikan. Guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI), memainkan peran kunci dalam membimbing siswa untuk mengembangkan nilai-nilai moral tersebut. Masalah ketidakdisiplinan dan rendahnya rasa tanggung jawab di kalangan siswa mendorong perlunya strategi yang efektif dalam pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAI di SMK Negeri 1 Ampelgading dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah pada penelitian ini terkait bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ampelgading, serta bagaimana faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ampelgading. Penelitian ini bertujuan untuk Menjelaskan strategi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ampelgading dan menjelaskan faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK Negeri 1 Ampelgading. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian deskriptif, lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Ampelgading. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Dengan teknis pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI di SMK Negeri 1 Ampelgading menerapkan strategi seperti kegiatan positif, sanksi mendidik, dan pembimbingan untuk membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab siswa. Hasilnya, siswa menunjukkan perilaku disiplin dan tanggung jawab, seperti ketepatan waktu, kerapian, penyelesaian tugas, dan kepatuhan terhadap aturan sekolah. Pembiasaan dan pengawasan yang konsisten terbukti efektif dalam membentuk karakter tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa, Disiplin, Tanggung Jawab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:08
Last Modified: 16 Dec 2024 06:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item