Anggraini, Fira (2024) Pelaksanaan Metode Role Playing (Bermain Peran) Dalam Menunjang Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran PAI Kelas XI Di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2121105_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (503kB) |
|
Text
2121105_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
19 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (702kB) |
Abstract
Realitas dewasa ini, dalam proses pembelajaran kerap kali berjalan secara kaku. Siswa dituntut untuk dapat menguasai seluruh materi pelajaran yang telah guru sampaikan. Pada kenyataannya, tuntutan penguasaan materi yang terlalu banyak belum tentu akan menjamin pemahaman terhadap materi pelajaran yang diterima oleh siswa. Hal ini justru akan membuat kondisi belajar yang tidak menyenangkan dan tentunya proses pembelajaran akan kurang bermakna bagi siswa. Keterlibatan siswa secara langsung dan aktif dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan, maka diperlukan adanya penggunaan metode pembelajaran yang tepat agar dapat menarik perhatian siswa. Terdapat banyak metode pembelajaran yang dapat guru terapkan dalam pembelajaran salah satunya adalah metode role playing (bermain peran) yaitu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk dapat memerankan tokoh tertentu. Melalui implementasi tersebut dalam pembelajaran PAI dengan materi Syu’abul Iman di kelas XI SMA Negeri 1 Kota Pekalongan diharapkan dapat menunjang keaktifan siswa, menciptakan pengalaman belajar bagi siswa, dan tentunya siswa dapat menginternalisasikan nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; 1) Bagaimana perencanaan metode role playing (bermain peran) dalam menunjang keaktifan siswa pada pembelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode role playing (bermain peran) dalam menunjang keaktifan siswa pada pembelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan?, 3) Bagaimana evaluasi metode role playing (bermain peran) dalam menunjang keaktifan siswa pada pembelajaran PAI Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari data primer yaitu, waka kurikulum, guru PAI kelas XI, dan siswa kelas XI, serta data sekunder yaitu jurnal, buku dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini antara lain; 1) Perencanaan metode role playing (bermain peran) yaitu mempersiapkan materi pelajaran Syu’abul Iman, metode, media berupa PPT dan video, penilaian (evaluasi), dan menyusun modul ajar. 2) Pelaksanaan metode role playing (bermain peran) yaitu pembelajaran terdiri dari kegiatan pendahuluan (salam, sapa, doa bersama, presensi, apersepsi, motivasi, dan tujuan pembelajaran), kegiatan inti (pelaksanaan metode diskusi dan metode role playing), dan kegiatan penutup (penguatan materi, motivasi, berdoa, dan salam). Dan keaktifan siswa pada pembelajaran PAI antara lain; bertanya kepada guru dan teman, ikut serta dalam diskusi, berpartisipasi dalam menyelesaikan naskah dialog, mencari berbagai informasi, mengemukakan pendapat, mempresentasikan hasil diskusi dengan bermain peran, memperhatikan kegiatan bermain peran, serta memberikan kesimpulan. 3) Evaluasi metode role playing (bermain peran) dilaksanakan dengan tes dan non tes. Evaluasi tes melalui tes tertulis antara lain; penilaian harian bersama (PHB), dan penilaian sumatif akhir tahun (PSAT), sedangkan evaluasi non tes (observasi) antara lain; tanya jawab, penilaian proses, penilaian produk (keterampilan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing (Bermain Peran), Keaktifan Siswa, Pendidikan Agama Islam. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:14 | ||||||||
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11977 |
Actions (login required)
View Item |