Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengajarkan Membaca Dan Menulis Anak Disleksia Di Tk Al – Ikhlas Sambong Batang

Aulia, Zahrah Eka (2024) Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengajarkan Membaca Dan Menulis Anak Disleksia Di Tk Al – Ikhlas Sambong Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pewkalongan.

[img] Text
2421059_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2421059_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2421059_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Zahrah Eka Aulia, 2024, 2421059, Peran Orang Tua dan Guru dalam Mengajarkan Membaca dan Menulis Anak Disleksia di TK Al – Ikhlas Sambong Batang, Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Adin Setyawan, M. Psi Penelitian ini di latarbelakangi oleh peran orang tua dan guru dalam mengajarkan membaca dan menulis anak disleksia di TK Al – Ikhlas Sambong Batang. Peran orang tua dan guru ini saling berkontribusi dalamk mengajarkan anak disleksia, dimana peran orang tua yang mengajarkan anak dirumah menggunakan metode yang sudah ditentukan dan juga setiap hari nya mengajarkan anak dengan terus – menerus dan memberi reward kecil – kecilan sa’at dia sedang belajar,memberikan motivasi dan tempat belajar yang nyaman, kemudian juga peran guru sama seperti peran orang tua hanya guru ada disekolah dan juga lebih mengenalkan sosial emosional anaknya, anak disleksia itu dinyatakan dengan IQ standar bahkan IQ diatas rata – rata. Oleh karena itu, dari hasil observasi peneliti merasa tertarik untuk menganalisis lebih dalam mengenai peran orang tua dan guru dalam mengajarkan membaca dan menulis anak disleksia di TK Al – Ikhlas Sambong Batang. Berdasarkan latarbelakang di atas adapun, rumusan masalah pada penelitian ini tentang Bagaimana kemampuan membaca dan menulis anak dengan gangguan disleksia di TK Al-Ikhlas Sambong Batang?, Bagaimana peran orang tua dan guru dalam mengajarkan membaca dan menulis anak disleksia di TK Al-Ikhlas Sambong Batang?, Dan tujuan dari penelitian ini Untuk peran orang tua dan guru dalam mengajarkan membaca dan menulis anak disleksia di TK Al – Ikhlas Sambong Batang, Untuk mengetahui kamampuanmembaca dan menulis anak dengan gangguan disleksiadi TK Al – Ikhlas Sambong Batang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian lapangan atau file research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa peran orang dan guru dalam mengajarkan membaca dan menulis anak disleksia di TK Al – Ikhlas Sambong Batang bahwa kemampuan membaca anaknya harus di eja dan juga menggunakan bantuan media cermin agar anak itu bisa membaca nya dengan benar kemudian juga anak disleksia tidak bisa langsung mengeja dengan baik seperti anak pada umunya akan tetapi harus diulang terus menerus, dan kemampuan menulis anak nya juga harus diajarkan secara perlahan dan terus – menerus, menggunakan media cermin agar anak menulisnya tidak kebalik. Dengan pendekatan yang tepat, seperti metode multisensorik, penggunaan teknologi, serta lingkungan yang mendukung, anak-anak dengan disleksia dapat mengembangkan kemampuan membaca dan menulis meskipun dengan tantangan yang lebih besar dari anak seusianya. Dan adanya kerja sama yang baik antara keduanya sangat krusial untuk mendukung keberhasilan anak dalam menghadapi disleksia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawa, M. Psi., M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Orang tua, Guru, Membaca dan Menulis, Anak Disleksia.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 20 Dec 2024 06:25
Last Modified: 20 Dec 2024 06:25
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/11988

Actions (login required)

View Item View Item