Deffi, Jihan Kumala (2024) Pelaksanaan Bimbingan Islami Guna Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Korban Bullying Di Mts Nu 01 Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520080_Bab I dan Bab V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3520080_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
3520080_JurnalSkripsipdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan bullying yang terjadi di sekolah. Dampak yang diakibatkan oleh bullying yaitu rendahnya motivasi belajar siswa yang menjadi korban bullying. Di mana korban merasa kehilangan rasa percaya diri, menjadi cemas, dan pendiam. Maka dengan ini perlu penanganan oleh guru BK dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa korban bullying. Penanganan tersebut dapat dilakukan melalui Pelaksanaan Bimbingan Islami yaitu proses pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat menacapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Permasalahan yang akan dibahas pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa korban bullying di MTs NU 01 Batang, 2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan islami guna menumbuhkan motivasi belajar siswa korban bullying di MTs NU 01 Batang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer yaitu guru BK dan lima siswa MTs NU 01 Batang, dan sumber sekunder yaitu berasal dari wawancara tambahan yaitu walikelas, rekaman wawancara, dan catatan-catatan observasu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan pernarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi motivasi siswa korban bullying berdasarkan indikator dari Hamzah Uno menyatakan bahwa siswa ) memiliki harapan dan keinginan untuk belajar, b) memiliki dorongan untuk memenuhi tujuan belajar, c) memiliki harapan dalam menggapai cita-cita, d) terdapat penghargaan yang diperoleh dalam proses belajar, e) terdapat kegiatan yang menarik dalam proses belajar, dan f) memiliki lingkungan belajar yang mendukung. Adapun Pelaksanaan Bimbingan Islami dengan metode Mauizah al hasanah dan pembiasaan membaca Juz ‘Amma dan Asma’ul Husna dapat memberikan hasil terkait menumbuhkan motivasi belajar siswa korban bullying menjadikan siswa bisa membangun rasa percaya diri yakin, dapat mengelola emosi seperti rasa cemas dan menjadikan siswa korban bullying dapat meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Bimbingan Islami, Motivasi Belajar | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 04:51 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 04:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12017 |
Actions (login required)
View Item |