Rizki, Ziyadatul (2024) Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Kegiatan Membatik Jumputan di Kelas 4 Mi Sudirman Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2320108_Bab I dan Bab V.pdf Download (980kB) |
|
Text
2320108_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2320108_Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Di era globalisasi, kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan menciptakan persaingan yang semakin kompleks, sehingga kualitas individu perlu ditingkatkan. Pendidikan kini tidak hanya berfokus pada aspek kecerdasan, tetapi juga kreativitas, mencakup kemampuan memecahkan masalah dan menempatkan diri secara tepat. Pemerintah melalui Kurikulum Merdeka menyediakan proyek penguatan profil pelajar Pancasila, termasuk dimensi kreatif. Di MI Sudirman Pekalongan, rendahnya kreativitas siswa kelas 4 terlihat dari hasil membatik sebelumnya yang dinilai kurang memuaskan. Oleh karena itu, dipilihlah kegiatan membatik jumputan untuk memberikan kebebasan siswa dalam menentukan warna dan pola sehingga dapat menumbuhkan kreativitas mereka. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan, (3) Mendeskripsikan evaluasi kegiatan membatik jumputan sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di kelas 4 MI Sudirman Pekalongan. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber primer penelitian ini yaitu wali kelas 4 dan siswa kelas 4, sedangkan data sekunder penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian, dokumen serta arsip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) melalui Kegiatan Membatik Jumputan di Kelas 4: (1) perencanaan dengan membuat tim koordinasi, mengidentifikasi tingkat kesiapan sekolah, menentukan dimensi, tema, dan alokasi waktu, menyusun modul proyek, dan membuat strategi pelaporan kegiatan proyek, (2) Pelaksanaan dilakukan melalui lima tahapan, yaitu tahap pengenalan memberikan siswa pemahaman awal tentang batik, tahap kontekstual menghubungkan aktivitas dengan kehidupan sehari-hari siswa dan menyusun kelompok serta penjelasan tentang batik jumputan, tahap aksi yaitu tindakan nyata dalam pelaksanaan proyek, tahap refleksi yaitu siswa mengevaluasi karya, dan tahap tindak lanjut dengan diadakan gelar karya. Kegiatan membatik jumputan berhasil menumbuhkan kreativitas karena selama proses membatik, siswa bebas bereksplorasi dengan warna dan pola, (3) evaluasi proyek dilakukan dengan menggunakan instrumen monitoring keterlaksanaan program dan evaluasi pencapain profil pelajar Pancasila dimensi kreatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Membatik Jumputan, Penguatan Karakter. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Dec 2024 08:14 | ||||||||
Last Modified: | 23 Dec 2024 08:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12043 |
Actions (login required)
View Item |