Strategi Komuniksdi Persuasif dalam Mempromosikan SMK Diponrgoro Banyuputih-Batang Sebagai Sekolah Islami

Masruri, Ahmad (2022) Strategi Komuniksdi Persuasif dalam Mempromosikan SMK Diponrgoro Banyuputih-Batang Sebagai Sekolah Islami. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3418084- Bab1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3418084-Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Komunikasi persuasif adalah studi komunikasi yang paling umum serta digunakan untuk mempengaruhi orang lain melalui cara yang berbeda terhadap suatu yang ditawarkan. Dalam mempromosikan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), layaknya memiliki ciri khas khusus atau bagaimana cara manarik masyarakat untuk mengenalnya dan atau cara menarik siswa SMP/MTs atau sederajatnya untuk masuk dalam jenjang sekolah menengah. Tentu semua itu tidak mudah, pihak sekolah harus membangun strategi komunikasi persuasif yang dapat menarik, memiliki koneksi dengan sekolah-sekolah pada jenjang SMP/MTs atau sederajatnya. SMK Diponegoro Banyuputih juga telah mengenalkan Brand Sekolah Asik dengan berbagai kegiatan sosial dan kegiatan sekolah. Kajian dalam penelitian ini mengkaji mengenai realitas strategi komunikasi persuasif dalam upaya promosi yang dilakukan oleh SMK Diponegoro Banyuputih. Sebagai lembaga pendidikan, tentu mempunyai strategi komunikasi persuasif yang dapat menarik siswa untuk bergabung pada lembaga pendidikan tersebut, begitupula dengan masyarakat mengenal lembaga tersebut. Untuk itu peneliti merumuskan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana strategi komunikasi persuasif dalam mempromosikan SMK Diponegoro Banyuputih sebagai sekolah islami?. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi persuasif dalam mempromosikan SMK Diponegoro Banyuputih sebagai sekolah islami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis analisis data dari pelaksanaan observasi dianalisis secara kualitatif. Sedangkan data penerapan strategi komunikasi persuasif dalam mempromosikan SMK Diponegoro Banyuputih menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh SMK Diponegoro Banyuputih memiliki berbagai cara yang dilakukan melalui media cetak, media sosial, penyaluran informasi dari orang ke orang lain melalui komunikasi lisan, sosialisasi ke SMP sederajat, mengadakan lomba-lomba untuk anak-anak SMP sederajat. Kemudian untuk target publik secara umum memberikan bentuk pelatihan kepada instansi atau lembaga lain yang membutuhkan, pelayanan kepada masyarakat. SMK Diponegoro Banyuputih melayani perbaikan dan pemeliharaan mobil, kendaraan, komputer, pemasangan wifi dan bahkan perakitan komputer untuk lab SMK Diponegoro Banyuputih siap melayani dengan melibatkan siswa dan guru

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDyatmika, TeddyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Persuasif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 24 Dec 2024 04:29
Last Modified: 24 Dec 2024 04:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item