Eksistensi Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al Mubarok Pekalongan Di Tengah Gempuran Media Digital

Yasmin, Fanisah (2024) Eksistensi Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al Mubarok Pekalongan Di Tengah Gempuran Media Digital. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420147_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420147_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3420147_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Fanisah Yasmin. Eksistensi Strategi Dakwah Pondok Pesantren Al Mubarok Pekalongan Di Tengah Gempuran Media Digital. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Kholid Noviyanto, MA. Hum. Kata Kunci : Eksistensi, Strategi Dakwah, Media Digital, Al Bayanuni Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui eksistensi strategi dakwah Pondok Pesantren Al Mubarok Pekalongan, khususnya dalam menghadapi perkembangan media sosial dan teknologi digital, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan pengasuh, pengajar, dan santri pesantren, serta menganalisis bagaimana pesantren memanfaatkan media sosial sebagai sarana dakwah yang efektif dan efisien, sekaligus mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Al Mubarok Pekalongan berhasil mempertahankan eksistensinya melalui strategi dakwah yang adaptif di tengah gempuran media digital. Pemanfaatan platform digital seperti YouTube, Instagram, dan TikTok memungkinkan pesantren untuk menyampaikan pesan dakwah yang menarik dan relevan bagi generasi muda. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu dan sumber daya, santri yang kreatif dan kerjasama dengan pihak eksternal telah mendukung kelancaran pengelolaan media sosial. Dengan strategi dakwah yang holistik dan beradaptasi dengan kemajuan teknologi, Pondok Pesantren Al Mubarok mampu menginspirasi masyarakat dan menunjukkan relevansinya dalam menghadapi perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, MA., Hum, Kholid198810012019031008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Eksistensi, Strategi Dakwah, Media Digital, Al Bayanuni
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 24 Dec 2024 08:55
Last Modified: 24 Dec 2024 08:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12112

Actions (login required)

View Item View Item