PENERAPAN METODE BANDONGAN (WETONAN) DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA BANAT SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN

istiqomah, lutfi (2025) PENERAPAN METODE BANDONGAN (WETONAN) DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA BANAT SIMBANG KULON KECAMATAN BUARAN KABUPATEN PEKALONGAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H bdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2022115060_cover,Bab 1,V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2022115060_Full text.pdf

Download (4MB)
Official URL: http:perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan Metode Bandongan (Wetonan)dalam Pembelajaran Kitab kuning di pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan”, ini ditulis oleh Lutfi Istiqomah, NIM 2022115060 dan dibimbing oleh Dr. Muhammad Jaeni, M.Pd, M.Ag. Kata Kunci : Metode Bandongan, Pembelajaran Kitab Kuning Kajian kitab kuning merupakan ciri khas dalam lingkup sebuah Pondok Pesantren, kajian kitab kuning sering kali dianggap sulit karena didalamnya terdapat Arab pegon tak berharakat yang tidak semua orang dapat memahaminya. Ada beberapa metode yang diterapkan dalam kajiannya diantaranya metode bandongan (wetonan). Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan merupakan salah Pondok Pesantren yang menerapkan salah satu dari metode tersebut , yakni Metode Bandongan (wetonan). Metode ini diterapkan dengan cara ustadz membacakan juga menjelakan materi dan santri mendengarkan juga mencatat penjelasannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Metode Bandongan dalam pembelajaran kitab kuning kelas 3 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan, Apa saja kelebihan dan kekurangan Metode Bandongan dalam pembelajaran kitab kuning kelas 3 Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : Untuk mengetahui penerapan metode bandongan santri kelas 3 Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan, Untuk Mengetahui Pemahaman kosakata bahasa Arab santri kelas 3 Aliyah di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran, Untuk mengetahui kelebihan juga kekurangan Penerapan metode bandongan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Nurul Huda Banat Simbang Kulon Buaran Pekalongan.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan hasil analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses penerapan metode bandongan kelas 3 Aliyah bisa di katakan cukup efektif. Dengan adanya beberapa kategori pemahaman yang terlihat pada santri, diantaranya : Pemahaman dalam menerjemahkan, Pemahaman dalam menjelaskan, dan Pemahaman dalam hal menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorjaeni, muhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bandongan, Pembelajaran Kitab Kuning
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jan 2025 05:23
Last Modified: 10 Jan 2025 05:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item