Pujiati, Dewi (2021) Strategi Komunikasi Dakwah PAC IPNU IPPNU Warungasem Dalam Pembentukan Karakter Remaja Di Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2042115005_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2042115005_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian yang mencoba menjabarkan bagaimana strategi komunikasi dakwah yang digunakan oleh PAC IPNU IPPNU Warungasem bai masyarakat luas, khususnya dalam konteks pembinaan karakter remaja di lingkungan kecamatan Warungasem, sehingga komunikasi dakwah yang dilakukan dapat diterima dengan baik oleh Mad’u, baik dakwah yang beliau sampaikan secara lisan maupun dengan tindakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana strategi komunikasi dakwah PAC IPNU IPPNU Warungasem kabupaten Batang dalam pembentukan karakter remaja di lingkungan kecamatan Warungasem kabupaten Batang?; 2.) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi dakwah PAC IPNU IPPNU Warungasem kabupaten Batang dalam pembentukan karakter remaja di lingkungan kecamatan Warungasem kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah PAC IPNU IPPNU Warungasem kabupaten Batang dalam pembentukan karakter remaja di lingkungan kecamatan Warungasem kabupaten Batang; 2.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi komunikasi dakwah PAC IPNU IPPNU Warungasem kabupaten Batang dalam pembentukan karakter remaja di lingkungan kecamatan Warungasem kabupaten Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yaitu suatu proses penelitian dan pemahaman yang beradasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah termasuk penelitian lapangan (field research). Kemudian teknik penelitian yang digunakan adalah dengan interview¸Observasi, dan Dokumentasi. Berdasarkan teori langkah-langkah perencaan strategi dalam penelitian ini adalah Mengidentifikasi Target Khalayak / Mad’u , metode penyampaian dakwah, cara pelaksanaannya menggunakan metode Redudancy (Repetition), Kemudian strategi komunikasi dalam bentuk isinya digunakan pendekatan persuasif. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa komunikasi dakwah yang dilakukan berupa kegiatan atau program kerja yang telah disusun secara sistematis untuk mempermudah Mad’u dalam menerima dakwah yang dilakukan oleh PAC IPNU IPPNU Warungasem. Beberapa contoh terkait komunikasi dakwah dengan cara mengadakan pengajian, diklat dan pelatihan bagi para remaja serta aktualisasi sosial dalam hal kemasyarakatan seperti santunan yatim piatu dan khitan massal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Dakwah, Karakter, Persuasif | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2025 07:54 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2025 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |