Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flipbook Dengan Pendekatan Situation Based Learning (Sbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Wonopringgo

Septiyani, Nur Fita (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flipbook Dengan Pendekatan Situation Based Learning (Sbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Wonopringgo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621044_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621044_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2621044_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam perkembangan zaman. Adanya matematika yang diajarkan di sekolah sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengembangkan sikap dan kebiasaan berpikir kritis, sistematis, logis, teliti, dan bertanggung jawab. Guru sebagai salah satu figur penting dalam proses pembelajaran, sudah seharusnya lebih kreatif dan inovatif dalam mengintegrasikan teknologi sehingga melahirkan media baru yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Namun kenyataannya di lapangan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran yang dilakukan terletak pada media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi serta belum disajikan secara audio visual sehingga berakibat pada siswa yang mudah merasa bosan selama proses pembelajaran, serta penerapan pendekatan dalam pembelajaran yang tidak tepat dan hanya berfokus kepada guru. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pengembangan media pembelajaran berbasis flipbook dengan pendekatan Situation Based Learning (SBL) yang bisa mengubah permasalahan tersebut menjadi sebuah solusi atau kemajuan baru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kevalidan media pembelajaran berbasis flipbook, kepraktisan media pembelajaran berbasis flipbook, dan keefektifan media pembelajaran berbasis flipbook dengan pendekatan Situation Based Learning (SBL) di SMP Negeri 1 Wonopringgo. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis flipbook dengan pendekatan Situation Based Learning (SBL) di SMP Negeri 1 Wonopringgo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil kevalidan media pembelajaran berbasis flipbook dengan pendekatan Situation Based Learning (SBL) yang dinilai berdasarkan angket validasi ahli media dan ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 88% dengan kategori “sangat valid” dari ahli media dan 83% dengan kategori “sangat valid” dari ahli materi, yang artinya media pembelajaran dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil kepraktisan media pembelajaran yang dinilai berdasarkan hasil validasi serta angket respon guru dan siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 90% dari respon guru dengan kategori “sangat praktis” dan 87% dari respon siswa dengan kategori “sangat praktis”, yang artinya media pembelajaran dapat dikatakan praktis untuk digunakan. Sedangkan hasil keefektifan media pembelajaran yang dinilai berdasarkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh skor rata-rata sebesar 26,66% pada hasil pre-test dan 83,33% pada hasil post-test. Terdapat kenaikan nilai rata-rata yang cukup signifikan antara 26,66% menjadi 83,33%. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook dengan pendekatan Situation Based Learning (SBL) efektif untuk digunakan sebagai media belajar dalam pembelajaran SPLDV.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMajid, Abdul198311122019031002-
Uncontrolled Keywords: (Media Pembelajaran, Flipbook, Situation Based Learning, SPLDV)
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Feb 2025 02:44
Last Modified: 17 Feb 2025 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item