Badriyah, Nur (2023) Strategi Komunikasi Dakwah Kampung Tarbiyah Al-Qur’an dalam Membentuk Masyarakat Qurani (Studi Kampung Tarbiyah Al-Qu’an Desa Proto Kecamatan Kedungwuni). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2042116040_Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2042116040_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial yang saling komunikasi satu sama lain, yang membutuhkan satu sama lain. Setiap aktivitas ataupun kegiatan yang dilakukan oleh manusia dalam hidupnya tidak akan terlepas dari kegiatan berkomunikasi. Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan antara komunikator terhadap komunikan baik berupa simbol maupun kode. Bagi seorang muslim, kegiatan komunikasi yang paling baik adalah dakwah, karena dakwah merupakan komunikasi yang sudah didasari dengan sebuah keyakinan dan tentunya juga tujuan-Nya untuk mengajak dan menjalankan segala ketentuanketentuan Allah SWT. Penelitian ini fokus pada Strategi Komunikasi Dakwah Kampung Al-Qur’an dalam Membentuk Masyarakat Qurani. Dalam pembahasanya dirumuskan beberapa rumusan masalah yaitu : Bagaimana strategi komunikasi dakwah kampung Al-Qur’an dalam membentuk masyarakat qurani. Apa faktor pendukung dan penghambat dari strategi komunikasi dakwah kampung Al-Qur’an dalam membentuk masyarakat qurani. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) karena data yang diambil dari subjek penelitian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan analisis SWOT dan kualitatif deskriptif yaitu peneliti bermaksud untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang muncul dan dihadapi sekarang, guna mengumpulkan data atau informasi yang disusun, di jelaskan dan di analisis. Sedangkan melalui analisis SWOT dapat membantu peneliti untuk mengetahui kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman atau tantangan (thereats) dari latar belakang dan akan membantu dalam penyimpulan akhir penelitian. Strategi Komunikasi Dakwah Kampung Tarbiyah Al-Qur’an dalam membentuk masyarakat qurani adalah membentuk kepengurusan Kampung Tarbiyah Al-Qur’an disertai dengan visi misi sebagai pedoman pembentukan program kegiatan. Sehingga nantinya dapat diketahui kekuatan kelemahan peluang tantangan atau ancaman yang ada. Adapun factor pendukungnya Faktor-faktor pendukung dalam strategi ini diantaranya, masyarakat desa Proto memiliki antusias belajar Al-Qur’an yang tinggi, kearifan lokal masyarakat sebagai desa agamis dengan banyak pondok pesantren serta qori dan qoriah. Kampung Tarbiyah Al-Qur’an mendapat dukungan secara moril dan materil dari berbagai pihak seperti pejabat daerah, donatur, dll. Adapun fktor- faktor penghambat dalam strategi ini ialah pendanaan yang masih minim, faktor kesibukan bekerja dan masyarakat luar daerah yang kurang mengetahui adanya Kampung Tarbiyah Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah.Masyarakat Qurani | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:11 | ||||||||
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12198 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |