Kamila, Arda Insania (2025) Pengaruh Regulasi Diri Dan Task Commitment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Smp Muhammadiyyah 2 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621008_Cover Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621008_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621008_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi adanya temuan hasil belajar matematika yang tidak sama pada siswa kelas 8 SMP Muhammadiyyah 2 Comal. Penyebabnya ialah siswa kurang memperhatikan penjelasan guru serta kurangnya komitmen siswa dalam menyelesaikan tugas. Maka disusunlah penelitian mengenai “Pengaruh Regulasi Diri dan Task Commitment Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyyah 2 Comal”. Rumusan masalah yang diangkat adalah apakah regulasi diri berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa, apakah task commitment berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, serta apakah regulasi diri dan task commitment berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Muhammadiyyah 2 Comal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan seberapa besar pengaruh setiap variabel bebas terhadap hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh setiap variabel bebas secara simultan terhadap hasil belajar matematika siswa, dan sebagai bahan referensi bagi guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional dan ex post facto. Pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil uji koefisien Determinasi (R2) variabel regulasi diri siswa berpengaruh terhadap variabel terikat hasil belajar matematika siswa sebesar 43,6%. Hasil uji koefisien Determinasi (R2) variabel task commitment siswa berpengaruh terhadap variabel terikat hasil belajar matematika siswa sebesar 37,1%. Hasil uji koefisien Determinasi (R2) variabel regulasi diri dan task commitment siswa berpengaruh terhadap variabel terikat hasil belajar matematika siswa sebesar 45,4% serta sebesar 53,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Regulasi Diri, Task Commitment, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 05 Mar 2025 02:32 | ||||||||
Last Modified: | 05 Mar 2025 02:32 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |