Tsabata, Muh Azka Dzikri (2025) Analisis Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV melalui Model Frayer di SD Negeri Sidorejo Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2321006_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2321006_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2321006_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penguasaan kosakata merupakan aspek penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mendukung kemampuan berkomunikasi siswa. Namun, siswa kelas IV di SD Negeri Sidorejo Kabupaten Pekalongan masih memiliki penguasaan kosakata yang rendah, dipengaruhi oleh dominasi bahasa daerah, rendahnya minat baca, dan kurangnya media pembelajaran yang bervariasi. Untuk mengatasi hal ini, digunakan model Frayer, sebuah strategi grafis yang membantu siswa memahami kosakata secara mendalam. Penelitian ini bertujuan menganalisis penguasaan kosakata siswa kelas IV dan penerapan model Frayer di SD Negeri Sidorejo. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: bagaimana profil penguasaan kosakata bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri Sidorejo Kabupaten Pekalongan?, bagaimana konsep pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia melalui model Frayer?, dan bagaimana penguasaan kosakata bahasa Indonesia dapat dilatih melalui model tersebut?. Berdasarkan rumusan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil penguasaan kosakata siswa, menganalisis konsep pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Frayer, serta mengevaluasi pengaruh model tersebut dalam melatih kecerdasan linguistik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data utama yang diperoleh melalui wawancara dengan guru dan pewakilan siswa, serta pengamatan langsung di kelas IV di SD Negeri Sidorejo Kabupaten Pekalongan. Data tambahan dikumpulkan dari dokumentasi yang berkaitan dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi. Untuk memastikan validitas data, digunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan melalui tiga langkah utama: penyaringan data, penyajian informasi, dan penarikan kesimpulan akhir berdasarkan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penguasaan kosakata Bahasa Indonesia siswa kelas IV di SD Negeri Sidorejo masih terbatas, sebagaimana dibuktikan dengan banyaknya nilai di bawah 80 dalam aspek keaktifan, kreativitas, dan keterampilan, serta adanya pengaruh penggunaan Bahasa Jawa dalam komunikasi sehari-hari terhadap kemampuan berbahasa baku. 2) Penerapan Model Frayer dalam pembelajaran kosakata melibatkan langkah-langkah seperti penjelasan model, pemberian contoh dan demonstrasi, pendampingan dalam mencari kata sulit, diskusi kelompok, serta penyusunan kesimpulan. 3) Setelah diterapkannya Model Frayer, penguasaan kosakata siswa mengalami peningkatan, ditandai dengan nilai rata-rata di atas 80 dan nilai tertinggi mencapai 90 dalam aspek keaktifan, kreativitas, dan keterampilan, serta meningkatnya kepercayaan diri siswa dalam menggunakan kosakata baru dalam berbagai konteks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | penguasaan kosa kata Bahasa Indonesia, model fraye, sekolah dasar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2025 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 06 Mar 2025 03:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |