Efektivitas Penerapan Etnomatematika Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Smp N 1 Kajen

Muhammad Abyyu Ghofar, Ghofar (2025) Efektivitas Penerapan Etnomatematika Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Smp N 1 Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2621097_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2621097_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2621097_LampiranSkripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Ghofar, Muhammad Abyyu. 2025. “Efektivitas Penerapan Etnomatematika Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMP N 1 Kajen”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kata Kunci: Etnomatematika, Pembelajaran berbasis masalah, Permainan tradisional, Kemampuan berpikir reflektif matematis Kemampuan berpikir reflektif matematis merupakan salah satu aspek penting dari keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi tantangan dalam pembelajaran matematika. Namun, hasil survei internasional seperti PISA dan TIMSS menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia, masih rendah dibandingkan rata-rata internasional. Hasil wawancara dengan guru matematika kelas VIII SMP N 1 Kajen menunjukkan indikasi rendahnya kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Guru menyebutkan bahwa siswa cenderung kesulitan mengingat dan menerapkan kembali materi yang telah dipelajari. Hal ini tidak sesuai dengan karakteristik berpikir reflektif matematis. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan etnomatematika berbasis permainan tradisional dalam pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan melibatkan dua kelas VIII di SMP N 1 Kajen, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika, dan kelas kontrol yang menggunakan metode kooperatif. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir reflektif matematis yang mencakup tiga indikator utama: reacting, elaborating dan contemplating. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, uji homogenitas Levene, dan uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan etnomatematika berbasis permainan tradisional secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen mencapai 81,38, lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol sebesar 71,68. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 5.582 dengan df = 58 yang lebih besar dari ttabel yaitu 2.001 pada tingkat signifikansi 0,05. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang menegaskan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan etnomatematika berbasis permainan tradisional terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa kelas VIII di

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAhmad Faridh Ricky Fahmy, M.Pd, Bp. Ricky199106062020121013-
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Pembelajaran berbasis masalah, Permainan tradisional, Kemampuan berpikir reflektif matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Mar 2025 03:00
Last Modified: 08 Mar 2025 03:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12263

Actions (login required)

View Item View Item