Hanani, Cici (2024) Pola interaksi pembelajaran pendidikan agama islam pada anak penyandang disabilitas di SMPN 10 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2120140_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2120140_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2120140_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana Pola Interaksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Disabilitas di SMP Negeri 10 Pekalongan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dialami oleh anak penyandang disabilitas dalam mengakses pendidikan. SMPN 10 Pekalongan merupakan sekolah penyelenggara pendidikan inklusi yang ditunjuk oleh pemerintah sejak 2011. Sehingga dalam melaksanakan pendidikan inklusi SMPN 10 Pekalongan mengalami tantangan baru yang dihadapi. Salah satunya yaitu dalam menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pola interaksi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang disabilitas?, dan bagaimana problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang disabilitas di SMPN 10 Pekalongan? Dari rumusan masalah tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang disabilitas dan problematika Pembelajaran PAI pada anak penyandang disabilitas di SMPN 10 Pekalongan. Desain penelitian ini yaitu menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan bersifat deskriptif, sehingga penelitian ini dapat memberi gambaran terkait Pola Interaksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Penyandang Disabilitas di SMPN 10 Pekalongan. Teknik pengambilan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data data primer yaitu Guru PAI, Kepala Sekolah dan Guru Pendamping Khusus anak disabilitas di SMPN 10 Pekalongan. Selain dari komponen tersebut tergolong kedalam sumber data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di SMPN 10 Pekalongan menerapkan pola interaksi pembelajaran pendidikan agama islam pada anak penyandang disabilitas dengan cara memilih metode pembelajaran yang tepat serta disesuaikan dengan materi serta jenis disabilitasnya. Pola interaksi searah digunakan dengan mengunakan metode ceramah dan pull out (memisahkan siswa berkebutuhan khusus dari kelas reguler untuk mengikuti pembejaran intensif sebagai bentuk pendampingan). Sedangkan metode ceramah dianggap cocok bagi anak yang mengalami kesulitan berbicara supaya dapat fokus mendengarkan dan membaca gerak bibir. Kemudian pola interaksi dua arah digunakan dengan menggunakan metode diskusi teman sebaya. Siswa dengan kesulitan membaca dan menulis terbantu dengan penggunaan metode teman sebaya karena membuat siswa jadi merasa memiliki tutor selama pembelajaran berlangsung. Sedangkan pola interaksi multi arah diimplementasikan dengan metode sosio-drama dan praktik. Penggunaan metode tersebut bertujuan supaya semua siswa dapat terlibat langsung dalam pembelajaran serta menimbulkan inisiatif siswa. Sedangkan Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak penyandang disabilitas di SMPN 10 Pekalongan meliputi, kesulitan dalam memahami pembelajaran, adanya kericuhan yang mempengaruhi pembelajaran dan pembullyan terhadap anak berkebutuhan khusus yang sering terjadi pada tahun ajaran baru, serta kesulitan dalam pengmbilan penilaian untuk anak berkebutuhan khusus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | pola interaksi, pembelajaran, pendidikan agama islam, disabilitas | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2025 08:13 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2025 03:17 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |