Implementasi Bimbingan Individual Berbasis Islam Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Sekolah Siswa SMK Dwija Praja Pekalongan

Ningsih, Fitri Guniarti (2025) Implementasi Bimbingan Individual Berbasis Islam Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Sekolah Siswa SMK Dwija Praja Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521103_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3521103_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3521103_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku terlambat merupakan segala aktivitas yang dilakukan seseorang dengan lambat sehingga tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dan dapat diamati secara langsung oleh orang lain. Kehadiran siswa tepat waktu merupakan faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Namun, masalah keterlambatan masih sering terjadi di SMK Dwija Praja Pekalongan, khususnya pada kelas XI TKR 2. Faktor-faktor seperti jarak rumah yang jauh, kesulitan transportasi, kebiasaan bangun terlambat, dan kurangnya disiplin kesadaran menjadi penyebab utama. Terdapat tiga indikator perilaku siswa terkait keterlambatan ke sekolah, yaitu dengan sengaja masuk ke kelas meskipun mengetahui pembelajaran akan dimulai, tiba di sekolah setelah pelajaran pertama berlangsung, serta memanfaatkan waktu istirahat melebihi batas yang telah ditentukan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku terlambat sekolah pada siswa SMK Dwija Praja Pekalongan? 2) Bagaimana implementasi bimbingan individual berbasis Islam dalam mengatasi perilaku terlambat sekolah siswa SMK Dwija Praja Pekalongan? 3) Bagaimana hasil implementasi bimbingan individual berbasis Islam dalam mengatasi perilaku keterlambatan siswa SMK Dwija Praja Pekalongan?. Sedangkan tujuan dari Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perilaku terlambat sekolah pada siswa SMK Dwija Praja Pekalongan. 2) Untuk menganalisis implementasi bimbingan individual berbasis Islam dalam mengatasi perilaku terlambat sekolah siswa SMK Dwija Praja Pekalongan. 3) Untuk mengetahui hasil implementasi bimbingan individual berbasis Islam dalam mengatasi perilaku terlambat sekolah siswa SMK Dwija Praja Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode studi kasus melalui pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan perubahan yang positif setelah pelaksanaan bimbingan individual berbasis Islam. Implementasi bimbingan individual berbasis Islam dalam mengatasi perilaku terlambat sekolah siswa SMK Dwija Praja Pekalongan yang dilakukan oleh guru BK sudah sesuai dengan teori tahapan bimbingan pada umumnya, yaitu terdiri dari tahap pembukaan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Bimbingan ini membantu siswa memahami pentingnya disiplin waktu sebagai tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa yang sebelumnya sering terlambat mulai menunjukkan kesadaran untuk memperbaiki kebiasaan buruk dan berusaha menghindari faktor-faktor penyebab keterlambatan. Meskipun perubahan masih terjadi secara bertahap, menunjukkan hasil potensi positif dalam membangun kedisiplinan siswa secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZulfa, Nadhifatuz198512222015032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Individual berbasis Islam, Keterlambatan Siswa, Perubahan Perilaku
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 15 Apr 2025 08:29
Last Modified: 15 Apr 2025 08:29
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item