Pemanfaatan Akun Instagram sebagai Media Dakwah terhadap Perempuan (Studi Kasus Akun @Taulebih.Id)

Faresa, M. Jordan (2025) Pemanfaatan Akun Instagram sebagai Media Dakwah terhadap Perempuan (Studi Kasus Akun @Taulebih.Id). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420146_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420146_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3420146_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Dalam era digital yang semakin berkembang, media sosial menjadi salah satu sarana strategis untuk menyampaikan pesan dakwah secara luas dan efektif. Salah satu platform dakwah digital yang berkembang adalah akun Instagram @taulebih.id, yang secara khusus menyasar perempuan Muslim dengan pendekatan yang menarik dan edukatif. Akun ini menghadirkan konten berbasis akhlak, aqidah, dan syariah, serta mengemasnya dalam bentuk yang relevan dengan kehidupan sehari-hari perempuan Muslim. Dalam penelitian ini akan diulik bagaimana pemanfaatan akun Instagram @taulebih.id sebagai media dakwah terhadap perempuan serta bagaimana analisis teori Uses and Gratifications diterapkan pada akun ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana akun @taulebih.id membangun komunikasi dakwah yang efektif dan bagaimana audiens memanfaatkan konten yang disajikan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Riset ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan teori Uses and Gratifications sebagai landasan analisis untuk memahami bagaimana audiens memanfaatkan akun ini dalam memenuhi kebutuhan informatif, spiritual, dan pemberdayaan diri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis konten. Teknik analisis data yang digunakan adalah Interactive Data Analysis yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan akun @taulebih.id sebagai media dakwah bagi perempuan Muslim serta analisis teori Uses and Gratifications dalam memahami interaksi audiens dengan konten dakwah. Hasilnya menunjukkan bahwa akun ini berhasil memenuhi kebutuhan audiens dalam aspek informasi, spiritualitas, dan pengembangan diri. Kontennya yang edukatif dan aplikatif mampu menjawab kebutuhan audiens terkait pendidikan seksualitas, kesehatan mental, dan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan fitur interaktif seperti komentar dan sesi tanya jawab, akun ini menciptakan ruang dialog yang meningkatkan keterlibatan serta membangun kepercayaan audiens. Akun @taulebih.id membuktikan bahwa media sosial dapat menjadi sarana dakwah yang efektif dan relevan bagi perempuan Muslim di era digital.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayatullah, Ahmad199003102019031013UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Dakwah, Instagram, Perempuan Muslim, Uses and Gratifications, Komunikasi Digital, Akhlak, Aqidah, Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 21 Apr 2025 03:38
Last Modified: 21 Apr 2025 03:38
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12555

Actions (login required)

View Item View Item