STRATEGI PEMASARAN PRODUKSI CELANA JEANS ERBE BOSS WIRADESA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Andi Maulana, Novan (2025) STRATEGI PEMASARAN PRODUKSI CELANA JEANS ERBE BOSS WIRADESA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN USAHA MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
4118261_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (817kB)
[img] Text
4118261_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
4118261_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

NOVAN ANDI MAULANA’. Strategi Pemasaran Produksi Celana Jeans Erbe Boss Wiradesa Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Persaingan usaha di industri tekstil, khususnya produksi celana jeans, semakin ketat dan kompleks. Dalam konteks ini, strategi pemasaran yang efektif dan sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam menjadi sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan mencapai keberhasilan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Erbe Boss dalam menghadapi persaingan usaha, serta mengevaluasi strategi tersebut dari perspektif ekonomi Islam. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT sebagai metode analisis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik dan karyawan Erbe Boss, serta studi literatur dari berbagai sumber. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Erbe Boss dalam menghadapi persaingan usaha, serta mengevaluasi strategi tersebut dari perspektif ekonomi Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Erbe Boss Wiradesa berpengaruh terhadap peningkatan penjualan dan pangsa pasar. Variabel kekuatan, peluang, dan kelemahan yang dianalisis melalui metode SWOT berpengaruh signifikan terhadap strategi pemasaran yang efektif. Namun, variabel ancaman tidak berpengaruh signifikan terhadap strategi pemasaran. Dalam perspektif ekonomi Islam, strategi pemasaran yang diterapkan oleh Erbe Boss Wiradesa juga sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan kepedulian terhadap konsumen. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Erbe Boss Wiradesa, Ekonomi Islam, SWOT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorabadi, m. taufikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Erbe Boss Wiradesa, Ekonomi Islam, SWOT.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 29 Sep 2025 02:47
Last Modified: 29 Sep 2025 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12560

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item